Yuk, Intip Update Terbaru dari Fitur Adobe Premiere Pro!

Diposting pada

Saat ini dunia editing tengah ramai digemari oleh banyak kalangan. Tidak hanya orang dewasa saja, namun juga menjalar hingga keusia anak-anak. Tentu saja hal tersebut tidak terlepas dari pengaruh tren dari aplikasi berbagi video besutan Google, yaitu Youtube. Menjadi seorang Youtubers kini tidak lagi hanya sekedar membagikan video untuk hobi semata. Namun, kamu juga dapat mendapatkan penghasilan tambahan dari platform ini.

Untuk menjadi seorang Youtubers, modal utama yang harus kamu miliki adalah kemampuan untuk menciptakan sebuah video menghibur dan menarik perhatian penonton. Salah satu hal yang membuat video menarik, tentu saja dari sisi editing. Kebanyakan video editor jika ditanya aplikasi edit video yang mereka gunakan adalah Adobe Premiere Pro.

Aplikasi dari perusahaan Adobe ini memang sudah terkenal, terutama di kalangan pegiat video professional. Aplikasi ini memang disukai oleh banyak editor berkat tampilannya yang modern, serta didukung dengan beragam fitur yang mumpuni. Dulunya Adobe Premiere hanya tersedia sebagai aplikasi edit video pc, namun kini Adobe juga telah meluncurkan untuk versi mobile. Tentunya dengan fitur yang telah disesuaikan dengan spesifikasi umum smartphone saat ini.

Melalui konferensi bertajuk Adobe Max Conference beberapa waktu lalu, Adobe resmi mengumumkan penambahan fitur yang terdapat pada Adobe Premiere Pro. Fitur ini dijuluki dengan nama Auto Reframe, yaitu sebuah fitur yang telah dikembangkan dengan menggunakan kecerdasan buatan yang memiliki fungsi utama untuk melakukan cropping pada video.

Fitur ini ditujukan untuk kemudahan untuk melakukan crop video dengan beragam resolusi yang diinginkan. Lantas apa yang membedakannya dari fitur yang biasa ada pada aplikasi edit video kompetitor lainnya? Pada Fitur Auto Reframe, Adobe memanfaatkan fitur kecerdasan buatan untuk melakukan crop video dengan mendeteksi gerak atau motion pada frame tersebut. Sehingga esensi dari video asli tetap dapat tersampaikan, meski menggunakan rasio yang berbeda dari aslinya.

Tentu saja ini akan memudahkan kamu untuk memenuhi beragam kebutuhan. Misalnya saja, untuk Youtube kamu membutuhkan video dengan rasio 9:16, sementara untuk Instagram, kamu membutuhkan rasio video 1:1. Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu tidak perlu melakukan secara manual untuk memotong video, namun dapat dengan cepat dilakukan dengan memanfaatkan fitur Auto Reframe. Sangat menarik bukan?

Kabar baiknya, pembaharuan ini tidak hanya tersedia untuk Adobe Premiere Pro versi desktop. Namun, pada versi mobile yaitu Adobe Premiere Rush kamu juga dapat menemukan fitur ini. Oleh karena itu, jika kamu masih menggunakan versi lama dari Adobe Premiere, jangan lupa lakukan update ya agar dapat menikmati fitur ini segera.