Yuk Ketahui Tungau Berasal dari Mana dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Gemas rasanya jika sudah memiliki pengalaman dengan tungau. Sebetulnya tungau berasal dari mana? Hewan kecil yang bahkan keberadaannya sulit dideteksi oleh mata ini kehadirannya sungguh sangat mengganggu. Apalagi jika sudah sampai menyebabkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah kudis atau skabies (scabies).

Kudis (scabies) yang disebabkan oleh tungau memiliki gejala yang spesifik. Biasanya gatal pada kulit terasa amat menyiksa di malam hari. Penyebabnya adalah sarcobtesscabiei atau tungau scabies. Tungau jenis ini mampu merasuk ke dalam kulit dan bertahan hingga 2 bulan.

Gejala umumnya hampir sama dengan biang keringat. Area yang terasa sangat gatal biasanya adalah bagian lipatan tubuh. seperti bokong, selakangan, pinggang, siku dan leher. Namun tak menutup kemungkinan juga jika sudah menyebar maka rasa gatalnya dapat menjalar ke seluruh tubuh. bahkan bisa mencapai kepala.

baca juga: jasa hydroclean tangerang

Tungau Berasal dari Mana

Dari Mana Tungau Datang?

Mengetahui tungau scabies berasal dari mana bisa jadi bekal untuk mencegah penyakit kulit. Tempat yang lembab dan hangat  menjadi habitat bagi tungau.

Setidaknya ada beberapa tipe tempat yang disukai dan menarik untuk tungau tinggali dan berkembang biak. Yang pertama yaitu tempat tidur manusia. Karena tungau tertarik dengan karbon dioksida yang dihasilkan oleh manusia.

Tungau juga senang sekali dengan tempat yang hangat. Terutama hawa hangat yang dikeluarkan oleh tubuh manusia. Tungau juga suka dengan aroma keringat bekas manusia. Seperti selimut, bantal, kasur dan baju kotor.

Apakah tempat tidur Anda sudah ditinggali oleh tungau? Biasanya ada titik-titik hitam di permukaan kasur. Ini adalah bentuk kotoran tungau. Anda juga bisa melihat telur tungau di lipatan kasur atau sprei. Bentuknya semacam serpihan kecil berwarna putih.

Tungau yang memiliki nama lain kutu busuk ini juga menimbulkan bau apek pada kasur. Jadi jika Anda mencium aroma tak sedap pada kasur, bantal, guling maupun sofa bisa jadi ini adalah pertanda bahwa ada tungau yang menghuni perabot lunak Anda.

baca juga:  jasa pembersih tungau tangerang

Cara Menghilangkan Tungau Pada Kasur

Mengusir tungau atau kutu busuk yang sudah terlanjur berkembang biak di kasur memang bukan perkara mudah. Cara yang paling sederhana adalah dengan menjaga kebersihan tempat tidur. Gantilah sprei dan sarung bantal secara berkala. Idealnya mengganti sprei bisa dilakukan seminggu sekali.

Selain itu, menjemur kasur, bantal dan guling dibawah sinar matahari langsung juga ampuh mengusir tungau. Jangan lupa untuk menepuk-nepuk bagian permukaannya agar debu dan tungau pun hilang. Obat khusus pengusir tungau setelah kasur dijemur. Agar dapat membunuh sisa telur tungau yang masih tertinggal. Sekaligus untuk mencegah tungau baru datang kembali.

Selain mengetahui tungau berasal dari mana, menjaga kebersihan kamar dan kasur merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Jangan biarkan tidur nyenyak Anda terganggu hanya karena gigitan tungau atau kutu busuk.