Top Benefit SEO dari Desain Web Responsif

Diposting pada

Dalam lanskap digital yang kompetitif saat ini, desain web yang responsif bukan barang mewah, itu adalah kebutuhan yang mutlak. Mobile telah muncul sebagai komponen penting untuk penjelajahan web dan perdagangan digital, dengan lebih dari 60% permintaan di dalam mesin pencari berasal dari perangkat seluler seperti tablet dan ponsel pintar.

Namun terlepas dari tren yang mencolok ini, banyak merek gagal memberikan pengalaman seluler yang ramah pengguna bagi pengunjung mereka. Sebuah studi baru-baru ini yang dirilis oleh LogMeIn, dalam hubungannya dengan perusahaan riset Vanson Bourne, menemukan bahwa 52% sangat puas dengan pengalaman yang mereka miliki ketika terlibat dengan bisnis di ponsel. Yang lebih mengkhawatirkan, sekitar 91% mengatakan tidak mungkin mereka melakukan bisnis lagi dengan merek yang memberikan pengalaman seluler yang buruk, dan 38% lebih lanjut dari mereka akan menulis ulasan negatif secara online tentang hal itu atau memberi tahu teman.

Apa hubungannya semua ini dengan SEO?

Desain web responsif, yang dulu merupakan taktik desain inovatif, kini telah menjadi standar di antara perancang web dan platform desain web. Dengan langkah Google baru-baru ini ke indeks “mobile first”, desain responsif tidak akan pernah sepenting SEO seperti sekarang ini.

Menurut sebuah Studi yang Dilakukan oleh GOOGLE:

  • 61% pengguna akan langsung meninggalkan situs jika tidak dioptimalkan untuk seluler
  • 50% pengguna mengatakan bahwa bahkan jika mereka menyukai merek, mereka akan lebih jarang menggunakannya jika pengalaman selulernya buruk
  • 36% merasa mereka “membuang-buang waktu” mereka jika sebuah situs tidak ramah seluler
  • 48% mengatakan jika situs itu tidak berfungsi dengan baik di tablet atau ponsel pintar mereka, itu membuat mereka merasa seperti merek tidak peduli dengan reputasinya, perusahaan atau pelanggan

5 manfaat SEO Teratas dari Desain Web Responsif

search engine optimization

1. Ponsel Pertama

Desain web responsif telah menjadi prioritas yang sama pentingnya dengan optimasi mesin pencari, dan konten berkualitas. Pada April 2018, Google telah menerapkan penggunaan keramahan seluler sebagai sinyal peringkat dan telah terang-terangan dengan kepindahan mereka ke indeks “seluler pertama”. Ini berarti bahwa jika situs Anda TIDAK dioptimalkan untuk seluler sebagai prioritas, semua hal dianggap sama, situs pesaing, kemungkinan akan mengungguli Anda dalam indeks mereka.

2. Hilangkan Konten Duplikat

Anda mungkin tidak bersalah karena hal ini, tetapi banyak perusahaan telah menggunakan versi desktop dari situs web, dan versi mobile. Terkadang ini mengarah pada duplikat konten di web. Ingat, untuk Google bot, setiap URL berbeda dianggap sebagai halaman / situs unik.

3. Tingkat Bouncing yang Lebih Rendah

Perilaku pengguna dan statistik pengunjung di halaman Anda penting. Ingat, tujuan Google adalah memastikan situs yang menyediakan pengalaman pengguna sebaik mungkin, untuk setiap permintaan pencarian yang diberikan, mendapat peringkat tertinggi.

Indikator pengalaman buruk dapat meliputi:

  • Tingkat bouncing yang tinggi
  • Waktu rendah dihabiskan di halaman / situs
  • Jumlah tampilan halaman yang rendah
  • Jumlah klik yang rendah

Berdasarkan studi Google yang disebutkan di atas, kami tahu bahwa pengguna TIDAK akan tinggal, atau menggunakan situs Anda, untuk menyelesaikan tujuan pencarian mereka jika menawarkan pengalaman seluler yang buruk. Salah satu metrik inti yang akan dipengaruhi adalah rasio pentalan (yaitu, seberapa cepat pengunjung meninggalkan situs Anda setelah menentukan bukan apa yang mereka inginkan).

Semakin cepat mereka meninggalkan situs web Anda, semakin tinggi rasio pentalannya. Situs seluler yang dioptimalkan dengan benar akan bersifat intuitif, menarik, dan akan menyajikan serta memberikan informasi dengan cara yang mudah dibaca dan digesti, yang mengarah pada peningkatan interaksi dan waktu yang dihabiskan untuk laman.

4. Kecepatan Memuat Lebih Cepat

Menurut Hubspot (dan sejumlah penelitian lain), jika situs Anda membutuhkan lebih dari tiga detik untuk memuat, Anda bisa kehilangan 40-50% dari pengunjung Anda. Namun studi lain oleh Kissmetrics menunjukkan bahwa sekitar 79% pengunjung tidak puas dengan kinerja situs Anda (baca “kecepatan situs”) akan lebih kecil kemungkinannya untuk mengunjungi lagi.

Mengoptimalkan kecepatan memuat halaman memiliki dampak linear yang terdokumentasi dengan baik pada pengalaman positif yang dirasakan pelanggan di situs Anda. Tidak hanya itu, Google telah menjadi sangat umum dengan fakta bahwa kecepatan memuat adalah sinyal peringkat dalam algoritma mereka.

5. Pengalaman Pengguna

Pastikan pengalaman pengguna adalah prioritas dengan struktur, navigasi, keramahan seluler, dan kemudahan akses. Desain web yang responsif membuat situs Anda ramah-seluler, dan memprioritaskan keterbacaan dan navigasi untuk pengunjung Anda.

Google mengenali kegunaan dengan melihat ke beberapa metrik utama seperti waktu yang dihabiskan di halaman web. Meskipun tidak ada yang tahu tentang bobot yang tepat dari indikator kinerja tersebut dalam algoritma, mereka tentu saja memainkan peran dalam bagaimana peringkat situs Anda. Pengalaman pengguna, dan antarmuka pengguna, harus dianggap sama seriusnya dengan upaya SEO tradisional baik di luar maupun di luar laman.