contoh teks eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri, Tujuan Lengkap

Diposting pada

Kembali lagi bersama mastekno disini, sekarang saat ini kita akan membahas mengenai materi tentang teks eksplanasi, materi ini mastekno cari-cari di buku-buku yang ada di perpustakaan itu masih sangat sedikit karena mengacu pada kurikulum sebelumnya.

Referensi di internetpun masih sangat terbatas dan berbanding terbalik dengan mesin pencari Google yang mencatat bahwa banyak permintaan dengan menggunakan kata kunci teks eksplanasi yang artinya banyak diluar sana yang mencari materi teks eksplanasi ini. Dalam teks eksplanasi terdapat  pembahasan seputar pengertian, ciri, tujuan dan contoh teks eksplanasi lengkap.

Pernah tidak Kalian membaca suatu kejadian entah itu kejadian alam atau kejadian sosial yang terjadi. Peristiwa atau kejadian tersebut pasti selalu memiliki hubungan sebab akibat dan juga memiliki proses.

Secara tidak langsung suatu kejadian atau peristiwa itu pasti tidak hanya dirasakan dan diamati saja tapi untuk dipelajari juga. Misalnya mengapa dan bagaimana terjadinya fenomena kejadian atau peristiwa yang berkaitan dengan alam, ilmiah, sosial dan budaya.

Pendapat lain juga mengatakan hal pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks atau paragraf yang berisi untuk menjelaskan informasi mengenai kejadian atau peristiwa suatu fenomena entah itu fenomena alam, ilmiah, sosial dan budaya lainnya. Teks eksplanasi ini sering terdapat pada buku geografi, sejarah dan sains.

 

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki struktur yang terdiri dari pernyataan umum lalu dilanjutkan dengan sebab akibat, selalu diakhiri dengan interpretasi. Untuk Lebih memahami mengenai struktur teks eksplanasi lebih dalam maka simak berikut ini.

 

1. Pernyataan Umum

berisi tentang penjelasan kejadian atau fenomena yang akan dibahas dapat berupa pengenalan kejadian tersebut atau penjelasan ringan, pernyataan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa gambaran tentang apa, mengapa, bagaimana proses peristiwa alam tersebut dapat terjadi.

 

2. Urutan Sebab Akibat

berisi tentang penjelasan Mengapa kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi itu dapat terjadi, terdiri dari lebih dari 1 paragraf. Urutan sebab akibat ini menjelaskan secara rinci penyebab dan akibat dari sebuah kejadian atau peristiwa fenomena yang terjadi.

 

3. Interpretasi

teks penutup yang bersifat opsional atau tidak harus ada, interpretasi yang dimaksud adalah kesimpulan atau intisari yang dimulai dari pernyataan umum dan deretan penjelas atau sebab akibat, opsional nya bisa berupa tanggapan maupun bulan atas pernyataan yang sudah dijelaskan tadi.

 

 

Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Terdapat tiga ciri-ciri yang bisa memudahkan untuk membedakan ciri-ciri teks eksplanasi dengan teks yang lain lainnya. Berikut penjelasannya.

  1. Struktur yang terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat, interpretasi.
  2. Sumber informasi yang berdasarkan dengan fakta “faktual”.
  3. Faktual memuat informasi yang bersifat keilmuan atau ilmiah sains ataupun yang lainnya.

 

Baiklah Sekian dulu artikel dari mastekno jika ada kesalahan dalam penulisan artikel di atas kami mohon maaf, Semoga dengan adanya artikel tentang pengertian teks eksplanasi, struktur dan ciri-ciri teks eksplanasi dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.