resep kwetiau goreng

Resep Kwetiau Goreng Sedap Istimewa

Diposting pada

Hai sobat sekalian, pada artikel hari ini mimin bakalan bikin mengenai resep kwetiau goreng sedap yang istimewa nih sob. Masakan yang satu ini bentuk wujudnya hampir sama seperti mie hanya saja terdapat beberapa perbedaan dalam proses pengolahannya.

Seperti yang Mimin bilang bakalan membagi kan kwetiaw goreng sederhana. Kwetiau merupakan Sajian yang unik yang merupakan hasil akulturasi dari dua budaya kuliner yaitu budaya Tiongkok dengan budaya Nusantara. Percampuran dua budaya tersebut menyebabkan munculnya makanan baru yang memliki rasa unik dari percampuran tersebut.

Kwetiau singkatnya merupakan campuran antara Sajian mi bersama dengan sayur sayuran atau lauk daging lainnya. Namun jika sobat tidak tahu yang daging juga boleh menggunakan campuran lainnya yang bukan merupakan daging. Contohnya seperti sayur mayur, Kecambah, dan sayuran lainnya.

Cara pembuatan kwetiau pun tidak jauh berbeda dengan cara pembuatan mie goreng dan mie Rebus lainnya. Yang berbeda hanyalah campuran, lama penggorengan, dan juga beberapa bahan lainnya. Rasanya juga berbeda jika kwetiau ini memiliki rasa yang sedikit unik dari migoreng pada umumnya

Resep Kwetiau Goreng Nikmat

kalau sobat pergi keluar ke restoran dan mencari kwetiau sobat akan menemuinya dengan harga kisaran 7000 rupiah hingga 20000 rupiah per porsinya. Kwetiaw ini pun bisa sobat temui di pedagang nasi goreng atau mie goreng di pinggir jalan maupun di restoran restoran yang mewah sekalipun juga menjual kwetiau.
Namun dibalik harganya yang seperti itu, beberapa orang mengatakan bahwa harga tersebut terlalu tinggi. Sehingga banyak yang meminta Mimin untuk membuat resep kwetiau yang enak. Oleh karena itu pada hari ini Mimin bakalan ngasih tahu ke kalian cara membuat kwetiau goreng yang sedap dan enak.

Bahan Kwetiau Goreng

 

  • 20 gram kacang polong
  • 70 gram jamur kancing dibelah jadi 2 bagian
  • 2 sendok teh garam halus
  • 250 gram kwetiau kering yang diseduh dengan air panas kemudian ditiriskan
  • 30 gram tauge berukuran besar kemudian bersihkan
  • 20 gram paprika merah yang dipotong kecil
  • Minyak goreng secukupnya
  • 30 gram bawang bombay yang dicincang halus
  • 2 buah cabe rawit yang diiris kecil
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 4 siung bawang putih yang dicincang halus
  • 3 sendok makan saus tomat atau saus sambal
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 3 sendok teh irisan daun ketumbar

Langkah Membuat Kwetiau Goreng

Kwetiaw awalnya merupakan makanan dari Tionghoa yang akhirnya bersatu padu dengan budaya lokal Nusantara. Rasa awal dari kwetiau merupakan rasa manis dan pedas. Namun bagi sobat yang tidak doyan pedas tidak masalah karena kwetiau ini juga bisa disajikan tidak pedas.
Kwetiau merupakan mie goreng yang memiliki rasa unik. Karnas seperti yang ingin bilang sebelumnya kwetiau merupakan makanan percampuran antara dua budaya yaitu budaya Tionghoa dengan budaya lokal Nusantara. Sehingga penyesuaian rasa dan bahan untuk membuat kue dengan budaya lokal. Oleh karena itu timbulah rasa percampuran antara dua budaya yang menyebabkan rasanya menjadi unik dan baru serta belum ada sebelumnya

Perhatikan langkah-langkah berikut ini sob :

  1. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang, lalu tambahkan bawang bombay dan bawang putih, dan goreng hingga harum.
  2. Potong jamur kancing, kacang polong, merica dan bihun menjadi irisan tipis. Masukkan beberapa bahan bumbu perasa ke dalam bahan makanan, seperti kecap, kecap manis, garam, dan sambal tomat.
  3. Setelah itu masukkan tauge dan paprika ke dalam wajan berturut-turut.
  4. Terus aduk makanan dan lanjutkan memasak hingga semua bahan tercampur rata dan sempurna.
  5. Sesaat sebelum tumisan dikeluarkan dari wajan, masukkan daun ketumbar terlebih dahulu ke dalam masakan, lalu aduk kembali agar semua bahan tercampur rata.
  6. Jika sudah cukup matang, matikan kompor.
  7. Siapkan piring, lalu tuangkan bihun ke dalam piring.
  8. Atur tampilan sedemikian rupa lalu sajikan bersama orang-orang terdekat dan keluarga dalam kondisi hangat.

Tips Membuat Kwetiau Goreng

Pada saat sobat merebus mie nya Mimin sarankan jangan terlalu lembek. Hal yang membuat mie kwetiau Terlalu lembek adalah merebusnya dengan waktu yang terlalu lama. Oleh sebab itu sobat sebaiknya menggunakan timer atau benar benar perhatikan Tekstur saat direbus. Jika dirasa sudah matang maka angkatlah mie dari panci rebusan. Dengan demikian mi tidak bakal terlalu lembek.

Namun untuk agar lebih mantab dan nikmatnya sobat bisa membuat mie sendiri sob. Biasanya para pebisnis juga menjual mie dan memproduksi mie sendiri dan mendapat omzet yang besar dari mie itu. Sobat bisa memproduksi mie menggunakan mesin pembuat mie yang optimal dan efisien.

Sobat juga bisa mendapatkan suwiran ayam atau suwiran daging di atas mie kwetiaw. Hal tersebut tentunya akan menambah Citarasa yang lengkap dan Gurih serta estetika nya semakin meningkat. Oleh karena itu penggunaan daging ayam yang di Suwir Suwir akan menambah keunikan dari kwetiaw ini sob. Biasanya para pebisnis menampilkan produknya sedemikian rupa agar menarik. Jika sobat berbisnis kwetiaw sobat bisa menggunakan etalase penghangat makanan yang sangat cocok digunakan.

Jika sobat ingin menambahkan kesegaran, sobat juga bisa menambahkan acara dalam Sajian kwetiau ini. Karena acara memiliki sensasi yang menyegarkan ketika kita memakannya bersama mie kwetiau. Oke sob bagaimana apakah bisa di pahami?

Baiklah shop. Sekian artikel Mimin yang kali ini. Selalu kutunggu dan nantikan update artikel terbaru dari Mimin. Karena tentunya Mimin bakalan bagikan tips tips resep menarik lainnya. Semoga bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian ya.

Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂