Rainbow Cake Mengantar Jasmine Ke Jepang

Diposting pada

Juarai Berbagai Kompetisi

originals.id – Jasmine Sanjaya (9) meraih gold medal saat tampil di ajang internasional membawakan lagu ciptaanya sendiri. “Selanjutnya, Jasmine mencoba ikut kompetisi JOC (Junior Original Concert), menggunakan alat musik electone. Untuk mengikuti kompetisi ini tidaklah mudah. Dimulai babak awal, yakni tingkat sekolah musik, kemudian yang terpilih akan naik ke tingkat wilayah. Dari sini, kami harus mengirimkan rekaman lagu tersebut ke Jepang. Setelah itu, pihak Jepang akan mengumumkan siapa yang terpilih untuk mewakili negaranya, bahkan mewakili wilayah Asia. Tak disangka, lagu ‘Rainbow Cake’ Jasmine berhasil menjuarai kompetisi.

Ia pun diundang tampil di 42nd Junior Original Concert yang digelar di hall bergengsi, Shibuya Bunkamura Orchard Hall, Tokyo Jepang pada Oktober tahun lalu. Di sana, Jasmine bertemu dengan para peserta dari Jepang, Singapura,Taiwan, Kanada, Inggris. Mereka masing-masing menunjukkan penampilannya. Di ajang JOC ini tidak ada juara. Sebab mereka yang terpilih untuk tampil di Bunkamura Theatre, Tokyo adalah para juara yang telah dipilih oleh panitia Yamaha di Jepang. Masing-masing juara mendapatkan gold medal.

Prestasi Jasmine sebelumnya cukup banyak. Jasmine pernah lomba di Malaysia yaitu Chopin Piano Competition pada 2012 dan mendapatkan silver medal. Kemudian, di Singapura, yaitu Yong Siew Toh Piano Competition mendapatkan silver medal, serta beberapa lomba di dalam negeri. Sekarang, Jasmine sedang membuat komposisi beserta lirik, berduet dengan Viona kakaknya dengan judul ‘Reaching My Dream’. Sampai sekarang Jasmine masih belum kepikiran membuat album, akan tetapi saya lihat ia terus belajar dan belajar menjadi lebih baik.”

Menguasai Tiga Alat Musik

“Jasmine mengenal musik sejak kecil karena melihat kakaknya yang suka bermain piano. Waktu umur 3,5 tahun, Jasmine minta dileskan piano. Walaupun kemudian diketahui umurnya paling kecil di kelas, Jasmine bisa mengikuti tanpa mengalami kesulitan. Setelah belajar piano, setahun kemudian Jasmine mulai les biola juga. Di usia 5 tahun, Jasmine juga mulai bermain electone. Hingga saat ini Jasmine menekuni 3 alat musik tersebut. Dia tak pernah mengeluh bosan.

Terkadang merasa capek tapi Jasmine tetap selalu tekun berlatih. Kalau kami amati, bakat alami Jasmine lebih pada biola. Akan tetapi, karena lebih banyak lomba untuk piano dan electone, Jasmine lebih sering latihan kedua alat musik itu dibandingkan biola. Suatu hari, Jasmine menciptakan lagu ‘Rainbow Cake’. Inspirasinya terjadi saat ia diajak mamanya ke cake shop. Di toko kue itu, Jasmine melihat cake berwarna warni itu. Jasmine minta dibelikan. Karena terkesan dengan kue itu, Jasmine kemudian membuat komposisi sesuai dengan warna-warna yang ada di rainbow cake tersebut. Pembuatan lirik lagu Rainbow Cake dibantu gurunya, Pramudya Hindrawan. Komposisi lagunya boleh dibilang cukup sulit. Not-not di tengah bisa membentuk suara megah sementara di awal komposisi lagunya terdengar riang.”