Penyebab dan Gejala Penyakit Gerd Serta Pengobatannya

Diposting pada

Penyebab dan Gejala Penyakit Gerd Serta Pengobatannya – Gastro esophageal reflux disease atau disingkat GERD merupakan salah satu penyakit pencernaan yang kronis. Banyak yang mengira bahwa Gerd merupakan penyakit Maag, karena gejala penyakit GERS hampir sama dengan gejala penyakit Maag. Tetapi dalam kebenarannya penyakit ini juga berbeda sendiri.

Penyakit GERD adalah suatu kondisi dimana isi cairan pada perut dialirkan kembali menuju kerongkongan. Cairan dari lambung tersebut tidak hanya sampai di kerongkongan, akan tetapi juga sampai di mulut hingga bisa terasa asam di mulut bagian belakang. Biasanya cairan tersebut mengandung asam lambung sebagai hasil diproduksi dari lambung. Cairan ini juga bisa mengakibatkan peradangan tenggorokan yang dapat mengakibatkan iritasi di tenggorokan.

Penyebab dan Gejala Penyakit Gerd Serta Pengobatannya
Penyebab dan Gejala Penyakit Gerd Serta Pengobatannya

Penyebab Penyakit Gerd

Penyakit GERD pada umumnya disebabkan karena tidak berfungsinya LES atau lower esophageal sphincter. LES merupakan lingkaran otot dari esofagus bagian bawah. LES mempunyai fungsi sebagai pintu yang secara otomatis terbuka saat makanan atau minuman turun menuju perut. Setelah makanan masuk, LES menutup agar mencegah asam atau makanan yang di perut tidak naik kembali menuju kerongkongan ataupun esofagus.

Jika LES menjadi longgar hinga tidak menutup secara baik, asam lambung dapat keluar dari perut sehingga menyebabkan terjadinya penyakit asam lambung. Penyebabnya biasanya terkait dengan faktor berat badan yang lebih, keadaan sedang hamil, ataupun konsumsi makanan yang mengandung lemak cukup banyak.

Gejala Penyakit Gerd

Gejala penyakit GERD biasanya diawali dengan gejala rasa nyeri di ulu hati. Biasanya gejala penyakit GERD ini sifatnya sementara dan hanya dapat menyebabkan rasa sakit di perut. Tetapi bila dibiarkan begitu saja, dapat terjadi komplikasi pada tenggorokan, gigi, ataupun saluran udara yang menuju ke paru-paru. Komplikasi ini biasanya terjadi setelah adanya peradangan penyakit ini menyerang di daerah tenggorokan. Penderita yang mempunyai gejala penyakit GERD ini akan merasakan dada yang terasa sesak mirip dengan serangan jantung, kembung, dan masih banyak lagi gejala lain yang hampir mirip dengan sakit pada lambung.

Tanda atau gejala penyakit GERD yang hampir sama dengan gejala penyakit Maag, antara lain :

  1. Terasa terbakar pada dada (heartburn) yang terkadang menyebar ke tenggorokan bersamaan dengan rasa asam pada mulut
  2. Nyeri di dada
  3. Kesulitan menelan
  4. Batuk kering
  5. Sakit pada tenggorokan biasanya disertai suara serak
  6. Sensasi benjolan pada tenggorokan
  7. Regurgitasi makanan atau cairan asam (acid reflux)

Pengobatan Penyakit Gerd

Pengobatan penyakit GERD bisa berupa obat medis dan pengobatan secara tradisional. Penyakit GERD yang tergolong ringan dapat menggunakan tablet ataupun sirup antasid. Obat-obatan lainnya, seperti bloker H2 dan juga obat inhibitor pompa proton dapat membantu mengobati. Tetapi, obat-obatan tersebut hanya dapat bersifat sementara. Bagi wanita hamil harus berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengambil obat tersebut.

Baca juga: Jual Smart Detox

Pencegahan Penyakit Gerd

Dalam pencegahan penyakit GERD, dapat melakukan beberapa langkah berikut :

  1. Sebaiknya makan denga teratur dan menghindari makanan berat di malam hari.
  2. Menerapkan diet yang seimbang.
  3. Berhenti merokok.
  4. Mengurangi konsumsi alkohol.

Penyakit Gerd adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya makanya anda wajib mengetahui gejala penyakit GERD ini agar cepat melakukan pemeriksaan jika anda merasakan gejala tersebut. Semoga bermanfaat