Penyakit pada kucing peliharaan

Penyakit Pada Kucing Peliharaan Yang Umum Ditemui

Diposting pada

Kucing merupakan salah satu hewan yang umum dipelihara masyarakat Indonesia. Meskipun banyak dipelihara, namun pengetahuan masyarakat tentang kesehatan kucing masih cukup minim. Salah satunya tentang penyakit pada kucing peliharaan yang umum ditemui. Berikut ini beberapa jenis penyakit pada kucing yang umum ditemui:

1. Diabetes

Diabetes pada kucing merupakan penyakit yang kompleks disebabkan karena kurangnya hormon insulin atau ketidakmampuan respon pada insulin. Kucing yang menderita penyakit ini biasanya banyak minum, buang air berlebihan, serta nafsu makan berlebih. Bagi kucing yang sudah terserang penyakit ini maka perlu diberi makanan khusus yang tidak tinggi glukosa.

2. Feline Leukimia Virus (FeLV)

Penyakit pada kucing yang satu ini pertama kali ditemukan pada 1960. Feline leukimia virus merupakan salah satu penyakit yang banyak menyebabkan kematian pada kucing. Virus penyakit ini bisa menyebar lewat makanan, urin, kotoran, ataupun air liur. Setiap kucing yang terlihat sakit sebaiknya dilakukan tes untuk FeLV.

3. Feline Immunodeficiency Virus (FIV)

Kucing yang menderita Feline Immunodeficiency Virus mungkin tidak akan menunjukkan gejala sampai beberapa tahun setelah terinfeksi. Meskipun virus ini lambat menunjukkan gejala, namun sistem imun kucing menjadi lemah. Beberapa gejala kucing yang menderita penyakit ini yaitu diare, infeksi pada mulut, masalah pernapasan, dan hilangnya nafsu makan.

Kucing yang terinfeksi perlu mendapatkan penanganan medis dan tidak boleh stress. Pada kucing penderita akan lebih baik dilakukan isolasi sehingga tidak akan menular pada yang lain.

4. Feline Calici Virus

Feline Calici Virus merupakan penyakit kucing yang menyerang saluran pencernaan, mulut, tulang, dan otot. Seekor kucing yang menderita penyakit ini memiliki gejala hilangnya nafsu makan, hidung berlendir, mata berair, gangguan pernapasan dan sendi. Kucing yang sudah terinfeksi sebaiknya diisolasi dan diberi makanan lunak. Kucing penderita juga perlu dibersihkan secara rutin.

Pemilik kucing seharusnya memahami masalah penyakit pada kucing peliharaan yang telah disebutkan pada artikel ini. Kucing sama seperti manusia yang bisa sakit sehingga perlu dijaga kesehatan serta kebersihannya. Saat kucing menunjukkan gejala sakit, sebaiknya segera membawa ke dokter hewan untuk dilakukan pemeriksaan.