Penghasilan 1 juta tapi bisa cukup ? ini cara nya

Diposting pada

Banyak orang yang bingung mengenai cara mengatur keuangan 1 juta per bulan agar mencukupi semua kebutuhan hidup sehari-hari.

Pengeluaran lebih dari 1 juta per bulan merupakan hal yang wajar terjadi. Namun jika mampu mengelola keuangan yang hanya 1 juta per bulannya, itu baru luar biasa. Sayangnya tidak banyak orang yang bisa melakukannya. Banyak yang gagal melakukannya.

Terlihat Mustahil untuk Mengatur Keuangan 1 Juta Per Bulan
Seiring waktu, harga-harga kebutuhan pokok akan merangkak naik. Begitu juga jumlah kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Oleh sebab itu, tak mengherankan jika banyak orang yang menganggap uang 1 juta tak cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidup sehari-hari.

 

Ada beberapa alasan mengapa mengatur keuangan dengan hanya Rp1.000.000,- per bulan terlihat sulit, di antaranya adalah:

Ongkos Transportasi
Harus diakui, ongkos transportasi akan sangat besar setiap bulannya, apalagi jika anda tidak mampu mengendarai motor sendiri. Rata-rata biaya transportasi setiap orang berkisar di angka Rp20.000,- per harinya. Dengan demikian, ongkos untuk transportasi ini bisa mencapai 600 ribu per bulan.

Biaya Makan
Makan juga dapat menjadi pengeluaran yang harus diperhitungkan. Setidaknya rata-rata orang menghabiskan Rp15.000,- untuk makan per hari. Artinya, dalam sebulan biaya makan bisa mencapai 450 ribu Rupiah per bulan.

Sewa Kost / Bayar Kontrakan
Jika anda memiliki rumah sendiri, biaya ini memang bisa ditiadakan. Namun jika anda mengekost, tidak dapat dipungkiri bahwa cara mengatur keuangan 1 juta per bulan nampak seperti omong kosong. Bagaimana tidak, biaya sewa kost paling murah saja Rp450.000,- per bulan.

Biaya Kebutuhan Pokok Sehari-Hari
Kebutuhan pokok sehari-hari bukan hanya makanan. Masih ada banyak kebutuhan pokok yang nilainya memang kecil, namun jumlahnya begitu banyak. Dan ketika ditotal, jumlahnya dapat lebih dari 900 ribu Rupiah per bulan.Adapun beberapa kebutuhan pokok ini antara lain biaya peralatan mandi, pulsa bulanan, obat (untuk anda yang memiliki masalah kesehatan), pembayaran air, pembayaran listrik, gas, dan lain-lain.

Tagihan Kredit
Bagi anda yang memiliki tagihan kredit, maka pengeluaran untuk pembayaran tagihan merupakan hal yang wajib dilakukan. Dan bahkan harus didahulukan. Besaran tagihan ini tergantung anda memilih kredit apa yang anda lakukan. Mulai dari Rp100.000,- per bulan, hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Ditambah lagi jika sobat hobi main pkv games online , anggap saja anda memakai 200.000 an untuk mengmambil peruntungan di agen bandarqq .

Pada dasarnya masih banyak hal-hal lain yang membuat mengatur keuangan hanya dengan 1 juta per bulan merupakan hal yang terlihat mustahil. Namun terlihat mustahil bukan berarti tidak mungkin.

 

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan penghematan keuangan. Dan memungkinkan anda untuk menghemat dan hidup bermodal 1 juta setiap bulannya.

Langkah dan Cara Mengatur Keuangan 1 Juta Per Bulan dengan Bijak
Sangat sulit bermodalkan 1 juta Rupiah untuk mencukupi semua keinginan anda dalam sebulan. Namun sangat mungkin untuk mencukupkan kebutuhan hidup dengan bermodal 1 juta saja. Tetapi yang terpenting adalah, anda harus:

Mengatur dan merancang keuangan untuk sebulan ke depan dengan seefektif mungkin
Konsekuen melaksanakan rancangan keuangan yang sudah dibuat
Melakukan revisi pengaturan anggaran jika terjadi hal atau kebutuhan tak terduga
Untuk mengatur keuangan sebulan dengan modal sejuta, beberapa langkah dan cara yang bisa kamu lakukan antara lain dengan:

Tuliskan Apa Saja Kebutuhan Anda untuk Sebulan Ke Depan
Dengan menuliskan apa-apa saja yang menjadi kebutuhan untuk sebulan ke depan, kamu akan lebih mudah menentukan barang apa yang harus dibeli dan barang apa yang sebaiknya jangan dibeli. Hal ini juga penting untuk dilakukan untuk melihat sebenarnya kebutuhanmu perbulan lebih dari 1 juta, atau cukup dengan uang 1 juta per bulan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis daftar kebutuhan untuk sebulan kedepan. Hal pertama adalah pastikan semua kebutuhan pokokmu tertulis dengan lengkap di daftar tersebut. Hal kedua adalah kamu harus mengerti bahwa dengan menulis hal tersebut, kamu tak boleh membeli barang-barang di luar list tersebut. Kecuali barang tersebut bersifat sangat mendesak dan harus dibeli secepatnya, seperti obat dan biaya berobat.

Pisahkan Mana yang Benar-Benar Kebutuhan, dan Mana yang Hanya Keinginan Sesaat
Ada perbedaan yang begitu besar antara kebutuhan dan keinginan. Oleh sebab itu, dalam menulis dan mencatat apa saja kebutuhan anda, pastikan hanya menulis hal-hal yang bersifat kebutuhan pokok.

Kebutuhan pokok adalah kebutuhan yang jika tidak dipenuhi, akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kebutuhan pokok ini bersifat tidak bisa ditunda dan tidak bisa digantikan oleh hal lainnya. Beberapa contoh kebutuhan pokok ini antara lain adalah biaya makan sehari-hari, biaya transportasi, kebutuhan mandi yang bersifat pokok (seperti sabun, odol, dan parfume), biaya untuk berbagai jenis tagihan, dan simpanan untuk hal-hal tak terduga.

Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk menentukan apa yang anda tulis dalam list kebutuhan untuk sebulan ke depan adalah kebutuhan pokok atau sekedar keinginan sesaat. Cara tersebut dikenal dengan istilah “Metode 30 Hari”.

Apa yang disebut dengan “Metode 30 Hari” adalah sebuah cara mengatur keuangan 1 juta per bulan di mana kamu dapat menentukan apakah suatu hal merupakan kebutuhan, atau sekedar keinginan.

Dalam metode ini, kamu harus menunda membeli suatu barang selama 30 hari. Setelah 30 hari, kamu bisa melihat apakah masih membutuhkan barang tersebut. Jika jawabannya, maka barang tersebut memang kamu butuhkan. Namun jika barang tersebut tidak lagi kamu inginkan, maka barang tersebut hanya bersifat keinginan sesaat.

Sesuaikan Apa yang Dibutuhkan Agar Sesuai dengan Budget 1 Juta Per Bulan
Bagaimanapun juga, pastilah total kebutuhan pokokmu untuk sebulan ke depan akan lebih besar dari 1 juta. Hal tersebut terjadi karena masih ada kebutuhan-kebutuhan yang sebenarnya bisa diabaikan.

Memang agak sulit untuk menjadikan total kebutuhan untuk sebulan ke depan ada di angka di bawah 1 juta. Namun sebenarnya masih bisa dilakukan. Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi jumlah hal-hal yang bisa dibeli selama sebulan ini. Bagaimanapun juga, pasti ada hal-hal yang sebenarnya bisa dihapus atau dikurangi jumlahnya dari pos anggaran. Sebut saja kebutuhan akan pulsa telepon. Kamu bisa menguranginya hingga 50 persen. Atau mungkin menghapusnya 100%

Kamu juga bisa mengurangi budget makan dan minum dengan cara mencari warung makan yang lebih murah, mengurangi porsi makan, mengganti daging dengan tahu dan tempe, serta mencoba hanya minum air putih selama sebulan ke depan.

Temukan Cara Mengefisiensikan Pengeluaran
Walaupun rancangan pengeluaranmu sudah sesuai, kamu tentu ingin memasukkan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Untuk itu, salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mencari harga yang lebih murah untuk tiap barang yang dibutuhkan.

Adapun langkah membuat cara mengatur keuangan 1 juta per bulan ini efisien antara lain adalah dengan mencari toko yang menjual barang lebih murah, mencari produk yang sedang diskon, mencari produk yang sedang memberi potongan harga, ataupun mencari promo cuci gudang. Namun sangat disarankan untuk hanya membeli barang-barang yang ada dalam list kebutuhanmu untuk sebulan ke depan. Terkecuali jika kamu berniat menjual kembali barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi.

Selain dengan ketiga cara di atas, efisiensi pengeluaran juga bisa dilakukan dengan membeli produk sejenis namun dengan harga lebih murah. Atau kamupun bisa mengefisiensikan pengeluaran dengan cara membeli barang dalam jumlah banyak untuk harga yang lebih murah.