Pengertian Teks Eksplanasi, Kaidah Kebahasaan, Tujuan dan Strukturnya

Diposting pada

Tentunya kita sering membaca artikel di majalah, koran atau media online tentang fenomena alam, pertunjukan budaya atau berita tentang penemuan sesuatu oleh para ilmuwan. Ini adalah contoh teks penjelasan.

Apakah Anda ingin tahu cara melakukannya? Tetapi pertama-tama kita juga harus mengetahui segala sesuatu tentang Contok teks eskplanasi , baik pemahaman, tujuan, aturan dan struktur linguistik. Dan untuk lebih jelasnya, akan dijelaskan di bawah ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

penjelasan ex adalah teks yang berisi proses “bagaimana” dan “mengapa” pada topik yang berkaitan dengan fenomena alam, sosial, ilmiah, budaya yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
Semua peristiwa ini selalu memiliki hubungan sebab akibat dan ada juga proses di dalamnya.

Tujuan teks penjelasan

Teks penjelas dimaksudkan untuk memberikan informasi yang jelas kepada pembaca untuk memahami fenomena yang terjadi.

Penjelasan Struktur teks

Untuk memfasilitasi pembuatan teks penjelasan, kita perlu tahu apa struktur pelatihan mereka. Di bawah ini adalah penjelasan tentang struktur teks penjelasan, termasuk:

1. Membuka bagian Contoh Teks Penjelasan
Di bagian pembuka ini berisi pernyataan umum penulis tentang topik yang diangkat, khususnya yang menjelaskan di mana itu terjadi dan juga bagaimana proses suatu peristiwa terjadi. Untuk pernyataan umum ini, Anda dapat melihat contoh di bawah ini.

“Pengangguran adalah salah satu fenomena sosial yang terjadi di masyarakat, serta penyakit yang secara kronis menyerang garis kehidupan. Banyak upaya penanggulangan pengangguran telah diadopsi, tetapi masalah pengangguran ini belum sepenuhnya diselesaikan.
Pengangguran terjadi tidak hanya di Indonesia, masalah ini ditemukan di hampir semua negara. Semua pemerintah di seluruh dunia, menjadikan masalah pengangguran sebagai salah satu prioritas utama yang harus diselesaikan.

Secara umum, definisi pengangguran adalah orang dewasa yang belum bekerja, sedang mencari pekerjaan atau tidak punya pekerjaan, sehingga tidak menghasilkan pendapatan.
Sementara itu, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan definisi, pengangguran adalah orang-orang yang bekerja kurang dari 1 jam setiap minggu. ”

2. Isi bagian Contoh teks penjelasan
Bagian konten adalah bagian yang berisi urutan sebab dan akibat, penjelasan topik yang diangkat secara rinci dan disajikan secara bertahap dari awal hingga akhir. Untuk detail lebih lanjut, Anda dapat melihat paragraf contoh konten teks “Pengangguran” di bawah ini.

“Pengangguran terjadi karena banyak faktor, seperti pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah dari jumlah pencari kerja setiap tahun, kapasitas pencari kerja tidak sesuai dengan permintaan pasar tenaga kerja, terjadinya pemecatan atau pemecatan oleh suatu perusahaan, investasi iklim tidak menguntungkan dan lainnya.

3. Contoh teks penjelasan dari bagian penutup
Di bagian penutup itu berisi interpretasi atau kesimpulan dari semua teks dari argumen yang diajukan. Untuk melihat lebih jelas contoh paragraf berikut:

“Pengangguran adalah masalah besar yang perlu menemukan solusi untuk mengurangi keberadaannya. Langkah utama yang dapat mengatasi pengangguran adalah penyerapan pekerjaan yang perlu ditingkatkan.

Dalam kondisi kerja yang baik, kekerasan sosial akibat pengangguran dapat diatasi dan diminimalkan.

Selanjutnya, tingkatkan kualitas pendidikan agar dapat memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja yang ada. Langkah terakhir adalah meningkatkan keterampilan kewirausahaan yang memadai bagi masyarakat yang harus menciptakan pekerjaan mereka sendiri. Dengan semua langkah ini, pengangguran segera diatasi “.

Kaidah kebahasaan teks eksplanasi

Teks penjelas memiliki aturan linguistik yang berbeda yang dapat membantu kita membedakan antara teks penjelas dan teks lainnya, termasuk yang berikut:

-Memuat informasi berdasarkan fakta
-Diskusikan informasi ilmiah
-Jadilah informatif dan jangan mencoba mempengaruhi pembaca untuk mempercayainya
-Penggunaan penanda urutan, seperti pertama, berikutnya, terakhir atau pertama, kedua, ketiga dan seterusnya
-Fokus pada hal-hal umum (umum), bukan pada peserta manusia (peserta non-manusia), seperti tanah longsor,     gempa bumi, banjir dan hujan
-Gunakan lebih banyak material dan kata kerja relasional (kata kerja aktif)
-Gunakan waktu dan hubungan sebab akibat, seolah-olah, jika, jadi, sebelum, pertama dan kemudian
-Gunakan kalimat pasif
-Teks penjelasan ditulis untuk membenarkan bahwa sesuatu yang dijelaskan sebenarnya benar

Contoh teks Penjelasan fenomena sosial

Deklarasi umum (pembukaan)
Kemiskinan memiliki tingkat pendapatan yang rendah sehingga orang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari mereka (makanan, perumahan, pendidikan, dll.). Umumnya, orang miskin biasanya tinggal di gubuk, di bawah jembatan, di tepi sungai.

Tidak jarang orang miskin membangun rumah mereka di tanah milik negara. Kemiskinan terjadi di seluruh dunia dan banyak negara berkembang memiliki masalah ini, kemiskinan.

Baris uraian (konten)
Kemiskinan terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah batas kelengkapan pendidikan dan kepuasan kebutuhan sehari-hari. Kebangkrutan, bencana, perbudakan, struktur sosial juga merupakan faktor.

Struktur dan perilaku sosial adalah faktor dominan dalam masalah kemiskinan. Termasuk juga perilaku konsumen, gengsi, dan pengeluaran uang yang tidak sesuai dengan pendapatan. Faktor-faktor struktur sosial menyebabkan masalah keturunan (khususnya masalah mendidik orang miskin). Perilaku bergengsi, sehingga orang lebih peduli tentang kebutuhan daripada kebutuhan.

Bahkan, banyak upaya telah dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan. Misalnya, meningkatkan upah minimum untuk pekerjaan, memperluas lapangan kerja, pendidikan gratis dan perumahan yang terjangkau.

Ini harus didukung oleh perilaku orang yang tidak membuang-buang uang, menghindari gengsi, menghemat uang dan membantu orang-orang di sekitar mereka. Sehingga kerja sama masyarakat-pemerintah dapat bekerja secara efektif untuk mengatasi kemiskinan.

Penutupan (interpretasi)
Seharusnya tidak ada kemiskinan di Indonesia. Jika kita dapat dan mau menerima dan bersyukur atas apa yang kita miliki. Kita harus menghilangkan sifat-sifat buruk yang disebutkan di atas dan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat sangat penting untuk menghilangkan kemiskinan di Indonesia.

Demikianlah pembahasan tentang artikel teks eksplanasi , semoga bermanfaat. Terima kasih !

Baca artikel lainnya : rumusrumus.com