Menjadi Muslim Sejati Dengan Ilmu Al Quran dan Assunah

Menjadi Muslim Sejati Dengan Ilmu Al Quran dan Assunah

Diposting pada

Menjadi seorang muslim tentu menjadi sebuah berkah bagi kita, karena dengan menjadi muslim maka kunci surga sudah kita dapatkan. Mungkin pertanyaan anda di pikiran anda adalah, Bukankah kunci surga itu kalimat tauhid Laa Ilaha Ilallaah?, Itu benar, dan bukankah jika kita seorang muslim maka sudah di pastikan bahwa kalimat tauhid itu ada di dalam hati kita dan tentu sudah pernah kita ikrarkan.

Dan apakah sudah cukup hanya dengan kalimat Laa Ilaha Ilallaah saja kita bisa masuk surga?, tentu tidak seperti itu, dan untuk masalah ini akan panjang pembahasannya, tapi intinya kita meyakini bahwa siapa saja yang di dalam hatinya ada kalimat Laa Ilaha Ilallah maka pasti akan masuk surga, tentu masuk surga juga dengan beberapa syarat, dan juga tergantung kondisi amalan kita.

3 Golongan Muslim

Golongan pertama, Jika sesorang di dalam hatinya terdapat kalimat tauhid tapi dia banyak dosa, maka orang tersebut akan masuk terlebih dahulu ke dalam neraka untuk membersehkan dosa-dosanya, setelah dosa dosanya bersih maka orang tersebut akan masuk kedalam surga.

Golongan kedua, jika seoarang muslim dosa dan amalannya seimbang, maka menunggu rahmat ALLAH apakah dimasukan kedalam surga langsung atau di bersihkan terlebih dahulu di neraka.

Golongan ketiga, Jika seorang muslim amalannya lebih besar dari dosanya, maka orang ini akan masuk surga tanpa di dahului dengan masuk neraka.

Pedoman Seorang Muslim Untuk Selamat di Akhirat

Tentu jika kita mempunyai pikiran yang waras dan sehat akan memilih golongan ketiga yang tidak perlu masuk kedalam neraka, tapi langsung masuk surga. Nah untuk mencapai hal tersebut, AL quran dan Assunahlah yang dijadikan pedoman untuk menggapainya.

Kita di perintahkan oleh ALLAH Azza Wa Jallaa untuk taat, “Samina Wa Athona” kami dengar dan kami taat, sesimpel itu saja, tapi pada prakteknya banyak yang sulit untuk taat, kenapa demikian?.

Karena ada musuh yang nyata dari golongan jin dan manusia yang akan menghalangi kita dari ketaatan kepada ALLAH, Tugas kita adalah melawan bisikan syetan tersebut dan berusaha melawan hawa nafsu kita untuk selalu taat, karena ketaatan biasanya di bingkai dengan kesushan atau kesulitan, yang sebenarnya itu hanya sebagai tipi daya setan saja.

Yang Perlu di Lakukan Agar Selalu Taat

Hal yang perlu dilakukan oleh kita agar bisa istiqomah taat kepada perintahnya adalah dengan:

  • Berdoa kepada ALLAH untuk di mudahkan mengamalkan semua perintah yang wajib dan meninggalkan semua yang di larangnya, baca kumpulan doa.
  • Setelah berdoa kita di haruskan untuk berazam atau bertekad kuat di dalam hati untuk berusaha menjadi muslim yang taat, sesuai dengan AL Quran dan Hadist.
  • Bersegera melakukan amalan kebaikan selagi ada kesempatan, dan jangan sekali-kali menundanya, karena kesempatan berbuat baik tidak datang setiap saat.
  • Ikuti semua perintah dari dalam AL Quran dan hadist tanpa membantah atau membangkang, jangan seperti orang liberal yang selalu mengaitkan AL Quran dengan akal, karena akal kita terbatas sedangkan ilmu ALLAH sangat luas.
  • Untuk mengikuti AL Quran dan As Sunnah kita harus sering hadir di pengajian, karena pemahaman dari AL Quran dan Al Hadist hanya ulama dan ustadz saja yang paham, kita hanya mengikuti apa saja yang di ajarkan oleh ustadz tersebut.

Demikian artikel singkat ini sebagai wawasan kita terhadap pemahaman Al Quran dan As Sunnah yang di kutip dari penaungu.com, semoga kita menjadi hamba ALLAH yang selalu taat dan mengikuti AL Quran dan as sunnah.