7 langkah mendidik anak agar cerdas dan percaya diri

Diposting pada

Memiliki anak yang cerdas dan percaya diri akan tentu merupakan keinginan setiap orang tua. Tapi bagaimana ya cara untuk memberikan dukungan dan perlindungan hak guna usaha hal-hal ini? Berikut adalah beberapa cara untuk mendidik anak-anak menjadi percaya diri serta cerdas berdasarkan rangkuman dari informasi pendidikan terkini :

Apa itu kecerdasan anak ?

Kecerdasan pada setiap anak berbeda beda …

“Kecerdasan mencerminkan kemampuan umum untuk memproses informasi, yang memperkenalkan pembelajaran, pemahaman, penalaran, dan pemecahan masalah,” menurut Linda S. Gottfredson, PhD, seorang profesor pendidikan di University of Delaware di Newark. “Ini mempengaruhi banyak jenis perilaku sehari-hari.”

 

Psikiater dari Utrecht University Medical mengatakan intelijen berasal dari gen ibu tidak mutlak. Ini bisa menjadi orang tua memiliki kecerdasan yang rendah, tetapi menghasilkan anak-anak yang memiliki IQ tinggi, atau sebaliknya. Selain faktor genetik, kecerdasan anak yang tersisa tergantung pada lingkungan.

 

Apa itu kepercayaan diri anak ?

Anda pasti sudah mendengar bahwa kegagalan baik untuk anak-anak, dan membangun ketahanan mereka terhadap lingkungan.

Tapi ketika anak-anak gagal berulang-ulang dan tidak memiliki dukungan untuk terus, mereka belajar hanya-mereka gagal.

Ketangguhan tidak dari kegagalan, tetapi dari pengalaman belajar anak-anak bisa lakukan sendiri-coba lagi, dan berhasil. Hal ini membutuhkan setidaknya beberapa pengalaman sukses, dan banyak dukungan emosional.

Keyakinan adalah perasaan percaya pada diri sendiri. Menjadi berarti percaya diri memiliki keyakinan pada kemampuan diri.

Sebagai orang tua, tentu saja Anda sedih ketika anak-anak mendengar mengatakan hal-hal negatif tentang diri mereka sendiri. Namun, ketika anak-anak tumbuh dan mulai berpikir tentang dunia dengan cara yang lebih kompleks, mereka juga menjadi lebih kritis terhadap diri sendiri.

Mengkhawatirkan, penelitian menunjukkan bahwa harga diri banyak anak mengalami penurunan tajam dimulai sekitar usia delapan tahun, dan penurunan ini berlanjut sampai awal masa remaja.

 

Langkah langkah mendidik anak agar cerdas dan percaya diri

  1. jangan terlalu mengatur dan mengendalikan tingkah laku anak : Alih-alih mengatur dan mengendalikan, membimbing anak untuk dapat mengembangkan keterampilan akan terdengar jauh lebih baik. Mengambil alih semua hal yang harus dilakukan sendiri, mungkin juga mengambil kesempatan untuk belajar. Intelijen adalah konsekuensi dari kemampuan pemecahan masalah yang terlatih.
  2. Jangan terlalu menuntut anak untuk bisa melakukan sesuatu dengan baik : ketika anak-anak selalu diperlukan untuk mencapai hasil yang sempurna, ia akan kehilangan rasa keindahan dari proses pembelajaran. Sebagai orang tua, Anda harus membiasakan untuk tidak membuat kesempurnaan sebagai hal-hal utama yang akan ditiru oleh bayi nanti.
  3. Biarkan anak melakukan hal hal baru / berekperimen : Mungkin kita berpikir, apakah akan membiarkan percobaan anak sendiri mengabaikannya? Jawabannya, tentu saja tidak sama! , Hal yang dapat dilakukan orang tua yang menginginkan bayi cerdas dan percaya diri adalah menonton. Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk benar-benar mengulurkan tangan-bantuan-hal yang sangat baik untuk dilakukan.
  4. Jangan terlalu fokus ke hasil tapi lebih ke usaha : Berikan umpan balik positif tentang hal-hal tertentu—apa yang bisa anak kontrol—seperti kerja keras atau ketekunan, alih-alih hal yang tidak dapat ia kontrol, seperti menjadi pintar. Tujuannya agar anak dapat terus berusaha, berlatih, meningkatkan, dan anak dapat belajar bahwa ketika ia bekerja keras, ia dapat mencapai tujuannya.