jasa pembuatan website portal berita

MEMBANGUN KEBERHASILAN DESAIN WEB DARI KEGAGALAN

Diposting pada

Semakin lama Anda bekerja sebagai web designer, semakin banyak peluang yang harus Anda lihat ke belakang dan berkata, “Apa yang saya pikirkan?” Ini adalah bagian alami dari evolusi Anda. Seiring waktu, baik keterampilan Anda dan portofolio Anda akan tumbuh. Akibatnya, Anda pasti akan menemukan proyek yang akan Anda lakukan secara berbeda jika Anda dapat kembali ke masa lalu.

Secara pribadi, saya telah merancang (setidaknya) beberapa website. Beberapa di antaranya hanya tren desain yang berubah seiring waktu. Tetapi ada juga situs yang benar-benar buruk di era mana pun. Beberapa dari mereka masih online dan saya tidak bisa menunggu sampai mereka pergi, semoga akan diganti dengan desain ulang yang sangat menguntungkan.

Tapi kita manusia, biasanya, belajar dari masa lalu kita. Dan bagi para web desainer, banyak hal baik yang bisa datang dari pengalaman ini. Mari kita jelajahi hal-hal positif yang dapat Anda petik dari desain terburuk dalam hidup Anda.

Kegagalan bisa baik untuk jiwa

Dari sejak kita dilahirkan, kita diajarkan bahwa kegagalan adalah sesuatu yang harus dihindari. Beberapa dari kita memiliki rasa takut yang sangat putus asa akan hal itu. Namun dalam semua kenyataan, kegagalan adalah bagian dari kehidupan setiap orang.

Belajar menerima kegagalan pada akhirnya akan membawa Anda ke tempat yang lebih baik.

Jika semua yang Anda rasakan adalah keberhasilan yang manis, maka Anda akan melewatkannya. Meskipun tidak ada di antara kita yang gagal dalam suatu proyek, ada peluang di sini untuk perbaikan diri.

Lihatlah mengapa proyek gagal, dan, mungkin saja, itu hanya kegagalan di mata Anda. Lihatlah faktor-faktor yang terlibat dan cari tahu apa, jika ada, yang mungkin Anda lakukan secara berbeda jika Anda memiliki kesempatan lain.

Ketika melihat ke belakang, Anda mungkin menemukan bahwa klien mengambil ide hebat Anda dan “men-tweak” itu sampai tidak ada yang tersisa selain puing-puing. Atau, mungkin Anda baru saja secara kacau. Apa pun penyebabnya, Anda harus dapat menentukan beberapa area di mana Anda dapat meningkatkan.

Misalnya, jika campur tangan klien adalah penyebab utama, Anda mungkin belajar untuk berdiskusi dengan klien masa depan tentang perangkap dari perilaku semacam itu. Atau, Anda mungkin belajar untuk meninggalkan skema warna yang berani (mengerikan) sendirian.

Belajar menerima kegagalan pada akhirnya akan membawa Anda ke tempat yang lebih baik. Dari situ, Anda dapat melanjutkan dan menjadi lebih baik di waktu berikutnya.

Temukan manfaat fokus

Seringkali, saya menemukan bahwa pekerjaan desain saya berada pada kondisi terburuk ketika saya mengalami kesulitan untuk fokus. Sangat mudah untuk merasakan kebutuhan untuk terus membajak pekerjaan Anda – bahkan ketika Anda tidak merasakannya. Saat itulah Anda akan belajar bahwa inilah saatnya untuk mengambil langkah mundur.

Pergi lakukan sesuatu yang tidak berhubungan dengan pekerjaan sedikitpun. Saat Anda kembali ke papan gambar yang lama, Anda akan merasa lebih segar dan siap untuk mengerjakan tugas yang sedang dihadapi.

Jelas, Anda tidak ingin melewatkan tenggat waktu penting. Namun yang terpenting, kualitas akan dihargai lebih dari kecepatan. Kerusakan desain yang terjadi selama waktu di mana Anda merasa tergesa-gesa adalah tanda yang jelas untuk memperlambat dan melakukan hal-hal dengan benar. Pelajaran yang dipetik.

Sederhana itu lebih baik

Ada saat-saat ketika saya mencoba membuat sesuatu yang sedikit terlalu sempurna. Mungkin saya mengambil arahan klien terlalu harfiah. Atau saya mencoba untuk mengesankan seseorang dengan melakukan sesuatu yang belum pernah saya lakukan sebelumnya, dan mungkin tidak terlalu nyaman dengannya.

Anda akan sering menemukan bahwa pendekatan yang lebih sederhana berfungsi paling baik. Memulai tidak berarti bahwa Anda tidak akan memberikan desain terperinci pada akhirnya. Sebaliknya, memulai dengan konsep sederhana dapat membangkitkan proses kreatif dan mengarahkan Anda untuk menambahkan poin-poin yang lebih baik saat Anda maju melalui sebuah proyek.

Sebagian besar waktu, desain tidak akan segera sempurna. Ada metode dan proses untuk menciptakan sesuatu yang indah.

Ada beberapa proyek yang harus Anda hindari

Kita semua suka berpikir bahwa tidak ada yang bisa kita lakukan. Namun seiring berjalannya waktu Anda mungkin menemukan bahwa ada proyek web design tertentu yang tidak cocok. Melihat kembali ke kesalahan saya sendiri, saya melihat jalinan orang dan proyek yang sama sekali bukan untuk kepentingan terbaik saya.

… mencoba memasukkan pasak persegi ke dalam lubang bundar tidak berhasil.

Terutama ketika memulai di bidang desain, Anda mungkin tergoda untuk mengambil cukup banyak pekerjaan apa pun yang datang. Anda miskin dan sedikit lapar. Anda sedang berusaha membangun reputasi.

Kenyataannya adalah bahwa mencoba memasukkan pasak persegi ke dalam lubang bundar tidak berhasil. Lebih buruk lagi, itu sebenarnya bisa lebih berbahaya daripada kebaikan untuk kepercayaan diri dan reputasi Anda.

Ini tidak berarti bahwa Anda tidak boleh menantang diri sendiri dengan mencoba sesuatu yang baru dan berbeda. Ini lebih merupakan masalah memberi diri Anda kesempatan terbaik untuk melakukan pekerjaan terbaik Anda. Jika Anda memiliki keraguan serius tentang seseorang atau proyek, Anda mungkin lebih baik pergi ke arah lain.

Itu semua adalah bagian dari pengalaman

Bahkan perancang paling berbakat pun akan memiliki beberapa proyek yang tidak berjalan sesuai harapan mereka. Beberapa mungkin dikategorikan sebagai kegagalan. Apa yang memisahkan yang terbaik dari yang lain adalah kemampuan untuk kembali (dan belajar dari) kesalahan masa lalu.

Seperti kata pepatah lama, “Tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman”. Pengalaman adalah apa yang memungkinkan kami untuk memperluas wawasan dan meningkatkan diri. Itu menambah kreativitas kita dan membantu kita menjadi diri kita sendiri.