Makanan Khas Sumatera Barat

Makanan Khas Sumatera Barat

Diposting pada

Makanan Khas Sumatera Barat

Sehabis membaca saran darmawisata di Sumatera Barat, apakah Kamu telah merancang mau traveling ke Sumatera Barat? Nah, untuk Kamu yang mau ataupun lagi traveling ke Sumatera Barat, tidak afdhol bila tidak berupaya santapan khas dari negara Minangkabau itu. Selanjutnya inilah santapan khas Sumatera Barat yang wajib Kamu coba sangat tidak sekali sama tua hidup.

Baca Juga : software kasir toko

1. Randang

Kabarnya tuturnya Randang merupakan salah satu santapan terenak di bumi. Dengan sedemikian itu banyaknya bumbu yang dimasukan dikala cara memasak tidak salah buatnya amat digemari seluruh orang. Randang amat populer sampai ke ceruk Indonesia buatnya amat gampang ditemui apalagi di luar Sumatera Barat. Terdapat bermacam tipe Randang yang wajib dicoba ialah Randang Daging, Randang Talua ataupun telur, Randang Belut, serta Randang Ayam.

2. Sala Lauak

Sala Lauak ialah salah satu gorengan khas dari Sumatera Barat persisnya dari wilayah Pariaman. Bila melancong ke wilayah Pariaman semacam Tepi laut Gandoriah, amat gampang menemui orang dagang yang menjual santapan ini. Dibuat dari kombinasi aci, ikan serta bonus bahan yang khas membuat siapa saja yang mencicipinya tidak dapat menyudahi. Sala Lauak berupa semacam bola- bola kecil bercorak kuning kecoklatan semacam Bakwan.

3. Sate

Sate salah satu santapan yang nyaris terdapat tiap wilayah di Indonesia. Di Sumatera Barat juga pula terdapat Sate. Terdapat 2 Sate yang populer di Sumatera Barat ialah Sate Dangung- Dangung yang dapat ditemui di wilayah Payakumbuh. Terdapat pula Sate Pariaman dari wilayah Pariaman. Sate dari Sumatera Barat serupa dengan Sate dari wilayah lain yang dibuat dari Daging Ayam ataupun daging Jawi. Yang membedakannya pasti saja rasa serta komposisi dagingnya.

4. Galamai

Bila di wilayah Jawa terdapat yang namanya Jenang, di Minangkabau terdapat namanya Galamai. Karakteristik khas dari Galamai berbeda- beda di tiap wilayah di Sumatera Barat. Mulai dari rasa, komposisi serta bonus dalam adonannya yang membuat beda di tiap wilayah.

5. Bareh Randang

Santapan khas satu ini umumnya cuma bisa ditemui di wilayah darek Minangkabau kuncinya wilayah Payakumbuh. Bareh Randang dibuat dari aci beras, santan serta gula- gula. Santapan ini umumnya dihidangkan pada kegiatan adat. Tetapi sedemikian itu, Bareh Randang sedang bisa ditemui di pusat bawaan Sumatera Barat.

6. Karupuak Sanjai

Karupuak Sanjai pula lazim diucap dengan Keripik Sanjai. Karupuak Sanjai dibuat dari sayatan ketela pohon yang digoreng. Umumnya santapan ini terdiri dari 3 berbagai rasa ialah balado, tiang ataupun gula merah serta pula rasa payau. Bila mau bawa bawaan dari Sumatera Barat, Karupuak Sanjai merupakan opsi yang amat pas.

7. Lamang

Pada dasarnya Lamang dibuat dari beras ketan yang dimasukan kedalam bambu yang telah dilapisi dengan daun pisang kemudian terbakar. Lamang dengan materi dasar ketan ini lebih nikmat dicampur dengan tapai ketan. Tidak hanya ketan, terdapat pula Lamang yang dibuat dari pisang, ketela serta labu. Lamang yang sangat gampang ditemui ialah Lamang Ketan.

8. Gulai Tambusu

Bila lagi melancong ke Jam Gadang, janganlah kurang ingat buat bertamu ke Pasar Lereng, Bukittinggi. Disitu Kamu dengan gampang menemui gerai makan yang menyuguhkan menu Tambusu. Gulai Tambusu sendiri merupakan gulai dengan materi dasar ialah usus jawi ataupun kerbau yang diisi dengan ketahui, telur serta bumbu- bumbu yang lain. Gulai Tambusu berawal dari Nagari Kapau kabupaten Agam, Sumatera Barat.

9. Palai

Pais merupakan pepes dari Sumatera Barat. Wujud serta metode pembuatannya serupa semacam Pepes dari Jawa Barat, tetapi umumnya materi penting dari Pais merupakan ikan- ikan kecil. Pais umumnya amat gampang ditemui dikala bulan puasa. Terdapat macam- macam Pais ialah Pais Bada dengan materi kuncinya Ikan Teri serta parutan kelapa. Terdapat pula Pais Ikan Bilih yang lazim dijual sekitaran Situ Singkarak. Terdapat pula Pais dengan materi penting dari Udang.