Langkah-Langkah Mengatasi AC Tidak Dingin

Diposting pada

Disadari atau tidak , saat ini cuaca di jawa dan sekitar nya ( terkhusus semarang ) menjadi semakin panas saja . Hal ini mungkin saja di sebabkan oleh pemanasan global yang makin hari makin parah .

Kondisi ini tentu saja membuat kebutuhan akan Kipas angin dan AC sangat krusial bagi tiap rumah tangga . AC ini pun merupakan barang elektronik yang biasanya digunakan dalam waktu jangka panjang sehingga ada beberapa masalah yang biasa muncul setelah digunakan beberapa tahun.

 

Mengatasi kerusakan pada AC tentu bukan perkara mudah , walopun bukan tidak mungkin sih kita perbaiki sendiri . Tapi alangkah baik nya jika kita menggunakan jasa service dari mereka yang telah berpengalaman . Untuk area semarang dan sekitar nya , berikut rekomendasi nya : service ac semarang yang bagus

Langkah-Langkah Mengatasi AC Tidak Dingin
AC Hidup, Namun Tidak Dingin
Dalam hal ini saya pastikan bahwa AC hidup, baik Indoor maupun Outdoor, namun tidak mengeluarkan hawa dingin sama sekali. Masalah seperti ini biasanya disebabkan karena AC kotor, dan juga tekanan freon habis ( mungkin ada kebocoran ). Langkah yang sobat bisa lakukan adalah.

1# AC Kotor Mungkin Sudah Lama Tidak di Service
Cek apakah AC kotor, baik evaporator indoor maupun kondensor outdoor apakah terdapat cukup banyak debu. Sehingga hawa dingin tidak bisa menyebar ke seluruh ruangan.

Kalau memang kotor, sebaiknya di service / cuci jika sobat bisa melakukannya sendiri. Kalau tidak bisa, sobat bisa panggil teknisi AC profesional atau tukang service AC langganan sobat.

 

2# Tekanan freon kurang / habis
Jika ternyata AC bersih tetapi tidak dingin, langkah kedua yang sobat bisa lakukan adalah cek tekanan gas freon. Silahkan pasang Manifold sobat pada nepel untuk mengisi freon pada unit outdoor. Lihat apakah masih ada tekanan atau habis sampai NOL.

Jika masih ada tekanan, kemungkian hanya kurang freon saja. dan ini bisa dibilang wajar saja. Penyebabnya bisa dari bocor halus yang mungkin susah untuk di cari kebocorannya, juga bisa dari nepel yang kendor.

Solusinya silahkan kencangkan semua baut nepel, kemudian tambah tekanan freon dengan jenis freon yang sama pada AC tersebut. Yang tentunya harus sesuai dengan batas maximal ampere (kekuatan) dari mesin kompresor AC tersebut.

 

Sedangkan kalau jarum pada manifold menunjukan pada angka NOL, berarti tekanan freon habis. Ini disebabkan karena adanya kebocoran, hal ini bisa terjadi pada evaporator indoor, kondensor outdoor, pipa instalasi, nepel sambungan pipa ke indoor, atau nepel yang ada pada outdoor. Langkah yang bisa sobat kerjakan ialah :

Isi ulang freon sampai full, biasanya 80 – 90 PSI, dan 125 PSI untuk AC Inverter. Kemudian buka body indoor dan outdoor, jangan lupa buka juga Amarflex pembungkus pipa AC. Ambil spon yang diberi sabun agar ada busa.

Kemudian oleskan busa ke seluruh pipa tembaga dan juga kondensor maupun outdoor. Lihat dan perhatikan baik-baik apakah terjadi gelembung udara ataupun terdapat olie baik di pipa, evaporator, atau kondensor. Jika terdapat gelembung udara atau olie berarti disitu titik kebocoran freon tersebut.