Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ganyong

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ganyong – Ganyong merupakan tanaman umbi yang berasal dari Amerika Selatan. Sekarang tanaman ganyong telah tersebar bahkan sampai ke Indonesia terutama di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Budidaya tanaman ganyong sudah mulai berkembang di Indonesia. Budidaya tersebut terfokus pada umbi tanaman ganyong yang dapat diolah untuk dibuat tepung. Selain umbinya, daun dan batang tanaman ganyong dapat digunakan untuk pakan etrnak.

Tanaman yang selalu hijau ini dapat dipanen pada usia 6-8 bulan pada dataran rendah. Apabila tanaman ditanam pada dataran tinggi, tanaman ganyong baru dapat dipanen pada usia 15-18 bulan. Tanda-tanda tanaman ganyong telah siap panen adalah daun dan batang tanaman yang menguning.

Berikut adalah klasifikasi tanaman Ganyong (Canna indica L atau Canna edulis)  dengan lebih lengkap:

  • Kingdom              : Plantae
  • Sub kingdom      : Tracheobinota
  • Divisi                      : Magnoliophyta
  • Kelas                     : Liliopsida
  • Ordo                      : Zingiberales
  • Famili                    : Cannaceae
  • Genus                   : Canna L

Morfologi Tanaman Ganyong

Akar tanaman ganyong merupakan umbi berukuran 5-8 cm dengan panjang 10-15 cm. Umbi ganyong tebal pada bagian tengah dan memiliki berkas-berkas sisik berwarna ungu atau cokelat. Rimpang bercabang horizontal dan mencapai panjang 60 cm dn memiliki buku-buku berdaging seperti umbi serta memiliki sisik daun dan serabut akar yang tebal.

Batang tanaman ganyong dapat mencapai 0,9-1,8 m. Apabila dihitung mengikuti batang atau dihitung seakan-akan batang lurus, maka batang tanaman ganyong dapat mencapai 3 m. Sebenarnya, batang tanaman ganyong adalah batang semu karena merupakan kumpulan dari pelepah-pelepah daun.

Daun tanaman ganyong berbentuk elips memanjang dan mencapai panjang 15-60 cm serta lebar 7-20 cm. Daun tanaman ganyong memiliki warna beragam dari hijau muda hingga hijau tua bahkan memiliki garis-garis ungu atau berwarna ungu pada keseluruhan daun. Warna daun pada tanaman ganyong bergantung pada jenis varietas tanaman ganyong.

Tanaman ganyong juga memiliki bunga berwarna merah oranye dan memiliki pangkal berwarna kuning. Umumnya, bunga tanaman ganyong memiliki 3 kelopak bunga sepanjang 5 cm.