Kiat Menggunakan Batik

Kiat Menggunakan Batik agar Tidak Terlihat Tua

Diposting pada

Kiat Menggunakan Batik – Salah satu penyebab mengapa anak muda enggan menggunakan pakaian batik adalah karena mereka akan terlihat lebih tua. Itu sebab kenapa orang tua lebih sering menggunakan batik untuk acara formal.

Jadi tidak mengherankan, sosialisasi yang digalakkan pemerintah untuk melestarikan kain batik mengalami sedikit kendala. Batik masih belum mendapatkan tempat di hati anak muda sebagai pakaian sehari-hari.

Menurut Iwet Ramadhan sebagai Fashion Designer dan Co Founder Jakarta Creative, masyarakat Indonesia harus bangga memakai produk lokal, contohnya seperti penggunaan kain batik. Iwet juga menambahkan, ada beberapa tips yang bisa dipakai saat memakai kain batik agar tidak terlihat tua saat digunakan untuk membungkus tubuh.

“Pakailah warna-warna cerah. Seperti kuning, pink, hijau, putih, dan lain sebagainya. Jangan pakai warna-warna tua seperti coklat atau hitam,” ungkap Iwet saat ditemui redaksi Okezone usai acara Press Conference Peluncuran Kreasi Nusantara di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan bahwa warna gelap akan memberikan kesan tua bagi pemakai. Apalagi jika dipadukan dengan motif kain yang rapat. Jadi pilihlah warna-warna yang cerah. Sebagai contoh kain batik yang cocok digunakan untuk anak muda, Iwet mereferensikan batik karya Citra Subiakto, yaitu melalui karya Sejauh Mata Memandang.

“Saya rasa Sejauh Mata Memandang bisa menjadi referensi ya, motifnya modren dan kreasinya unik,” ungkapnya.

Sementara itu dari segi gaya, menurut Iwet saat ini, ada sangat banyak ide yang mampu dikembangkan lagi dari beberapa gaya yang muncul di jejaring sosial. Diantaranya model dress batik panjang, batik yang dikombinasikan dengan kebaya, model baju batik untuk pesta dan masih banyak lagi.

“Untuk styling ada banyak sekali yang bisa menjadi pilihan dan dikembangkan. Di Instagram, Pinters, dan situs-situs luar. Tergantung kitanya saja mau mengembangkan seperti apa style yang lebih cocok dengan karakter diri sendiri,” lanjutnya.

Iwet juga memberikan saran bahwa jika Anda ingin menggunakan batik, jangan “membungkus” semua bagian tubuh Anda menggunakan kain batik. Karena akan tampak ramai dan detail kain tidak akan ada yang bisa ditonjolkan.

“Pakai satu piece yang polos. Kalau atasannya sudah pakai batik, bawahannya polos. Kalau bawahanya batik, atasannya polos. Untuk yang pria juga bisa pakai celana bercorak batik kalau percaya diri, itu malah lebih bagus. Pengaplikasiannya, tidak perlu satu badan batik,” pungkas Iwet.