Jenis Kayu Untuk Keperluan Bangunan

Diposting pada

Seiap kontraktor atau jasa desain rumah biasanya akan memperikan pilihan dalam bahan kayu yang akan digunakan baik untuk bagian luar rumah atau interior rumah. Tipe Kayu ialah satu bahan fundamen yang benar-benar dibutuhkan oleh manusia. Serta untuk bikin kertas serta uang juga manusia memerlukan Tipe Kayu jadi bahan dasarnya.

Tapi tidak hanya untuk jadikan kertas serta uang, ada banyak manfaat Tipe Kayu yang penting. Tiap tipe Tipe Kayu juga memiliki manfaatnya semasing.

Beberapa jenis Kayu serta Faedah
Di bawah ini ialah bahasan tentang beberapa jenis Tipe Kayu dan penebaran serta manfaatnya. Selamat membaca.

  • Tipe Kayu Jati
    Siapa yang tidak paham dengan Tipe Kayu yang satu ini. Tipe Kayu ini benar-benar populer sebab kekuatannya dan teksturnya yang indah.

Tipe Kayu jati umumnya dipakai untuk bahan fundamen perlengkapan rumah kita, seperti almari, kursi dan tempat tidur.

Indonesia ialah pemasok Tipe Kayu jati paling besar di dunia. Serta kualitas Tipe Kayu jati yang berada di Indonesia sangat bagus hingga banyak beberapa negara besar yang beli Tipe Kayu jati ke Indonesia.

  • Tipe Kayu Kelapa atau Tipe Kayu Glugu
    Tipe Kayu kelapa atau glugu ini ialah Tipe Kayu yang seringkali dipakai menjadi bahan pengerjaan satu bangunan atau rumah.

Umumnya Tipe Kayu glugu ini dipakai untuk bahan membuat kanopi teras dan rangka atap. Disamping itu, beberapa orang yang jual Tipe Kayu kelapa atau glugu ini di Indonesia.

Tipe Kayu glugu mempunyai serat yang tidak sama dari Tipe Kayu yang lain. Tipe Kayu ini mempunyai serat yang pasti dan lurus. Jadi jika Tipe Kayu ini ingin dibikin jadi kanopi menonjolkank, lebih bagus melapisinya dengan cat akrilik supaya seratnya masih kelihatan.

  • Tipe Kayu Kamper
    Tipe Kayu kamper seringkali lebih diketahui jadi Tipe Kayu borneo. Tipe Jenis Kayu ini seringkali dipakai untuk bahan membuat kusen pintu atau kerangka jendela.

Meskipun Tipe Kayu tipe ini tidak kurang kuat dari Tipe Kayu jati, tapi Tipe Kayu ini seringkali dipakai untuk perlengkapan mebel seperti tempat tidur dan almari.

Faktanya sebab Tipe Kayu kamper atau Tipe Kayu borneo tidak disenangi oleh rayap serta serangga yang lain. Hingga Tipe Kayu ini dapat lebih awet dari Tipe Kayu yang lain yang umumnya dikonsumsi oleh rayap.

  • Tipe Kayu kamper mempunyai tiga tipe yakni Tipe Kayu kamper Samarinda, Tipe Kayu kamper Surabaya dan Tipe Kayu kamper kruing yang datang dari Sumatra. Perkebunan Tipe Kayu kamper juga hampir rata di semua daerah Indonesia.
  • Tipe Kayu Bengkirai
    Tipe Kayu bengkirai ialah Tipe Kayu yang seringkali dipakai untuk bahan bangunan. Tipe Kayu ini seringkali dipakai jadi bahan fundamen pengerjaan bangunan exterior. Ini karena Tipe Kayu bengkarai lebih kuat, awet dan tahan dari beberapa cuaca.

Jadi, Tipe Kayu bengkarai ini seringkali jadikan kerangka atap dan listplank dan lain-lain. Tipe Kayu bengkarai dapat didapatkan dari rimba tropis yang berada di Kalimantan.

Warna pohon bengkirai ialah kuning cukup kecoklatan. Hingga pohon ini dinamakan jadi pohon yello balau.

  • Tipe Kayu Ulin
    Tipe Jenis Kayu ini adalah salah satunya tipe Tipe Kayu yang benar-benar kuat, karena sangat kuatnya Tipe Kayu ulin ini dipanggil dengan nama Tipe Kayu besi. Ulin umumnya dipakai untuk bikin kontruksi rumah, jembatan, perkapalan dan tiang listrik.

Ulin dapat diketemukan di selatan Sumatra dan di Kalimantan. Tipe Kayu ulin tumbuh dengan alami di hutan-hutan Kalimantan. Umumnya sesudah ditebang Tipe Kayu ulin akan ditanam kembali, serta menanti sepanjang 6-12 bulan sampai dapat diambil kembali.

Tapi umumnya tipe pohon ini mempunyai tingkat keberhasilan yang rendah waktu penanaman kembali. Jadi seringkali berlangsung kerugian sebab menebang pohon ini.

Pohon ulin ini dapat diketemukan di dataran rendah sampai ketinggian 400 m di atas permukaan laut. Tipe Kayu ulin juga kuat untuk meredam perkembangan iklim hingga benar-benar pas untuk bikin kontruksi exterior.

Itu bahasan tentang beberapa jenis Tipe Kayu serta manfaatnya. Setiap tipe Tipe Kayu mempunyai kekhasan, kelebihan dan kekurangannya semasing. Juga pendayagunaan setiap tipe Tipe Kayu berlainan bergantung dari karakter Tipe Kayu itu.