jasa-import-murah

Layanan Jasa Import Murah Untuk Mempermudah Importir

Diposting pada

Jasa import barang merupakan penunjang dalam aktivitas perdagangan internasional. Wajib Anda pahami, pada hakikatnya kegiatan ekspor dan impor merupakan kegiatan jual beli biasa, namun memiliki perbedaan yaitu dengan melibatkan dua negara yang berbeda.

Ketika kita mencermati, transaksi yang terjadi pada ekspor dan import bagaikan sebuah hubungan antara dua sisi pada satu mata uang. Untuk membeli sebuah barang dari pengusaha di luar negeri, seorang pembeli tidak bisa melakukannya sendiri. Ia tentunya memerlukan banyak bantuan, termasuk dari penyedia layanan jasa impor murah barang.

Pada dasarnya seorang eksportir maupun importir wajib memiliki pengetahuan mengenai perdagangan internasional, yakni dengan cara:

  1. Mengenal pihak-pihak yang berkaitan dengan perdagangan internasional.
  2. Mengetahui dokumen-dokumen perdagangan internasional.
  3. Memahami setiap proses perdagangan internasional.

Yang dimaksud pada proses perdagangan disini adalah kegiatan yang terjadi setelah melalui suatu proses negosiasi dengan membutuhkan kesabaran, ketekunan, keahlian hingga waktu. Masing-masing pihak memiliki peranan penting dalam mencapai keberhasilan suatu transaksi dagang.

Apa Itu Jasa Import Barang?

Jasa import barang atau sering biasa disebut dengan Freight Forwarding adalah badan usaha yang bergerak pada bidang jasa pengangkutan barang secara keseluruhan. Jasa import murah bisa berfungsi sebagai EMK, Pelayaran, Jasa pengurusan kepabeanan hingga pengiriman jasa import door to door. Sedangkan seseorang maupun badan hukum yang melakukan kegiatan forwarding merupakan seorang freight forwarder.

Usaha Jasa Import Barang Pengurusan Transportasi yaitu kegiatan usaha yang mengurus seluruh kegiatan yang dalam pengiriman dan penerimaan barang via transportasi darat, laut dan udara. Kegiatannya pun mencakup penerimaan, penyimpanan, sortasi, pengukuran, penimbangan, pengepakan, pengurusan penyelesaian dokumen, penerbitan dokumen angkutan, perhitungan biaya angkutan, klaim asuransi atas pengiriman barang, penyelesaian tagihan dan biaya lainnya yang berkenaan dengan pengiriman barang sampai diterima oleh yang berhak untuk menerimanya.

Kegiatan yang dilakukan Penyedia Layanan Jasa Import Barang

Berikut ini merupakan jenis kegiatan yang dilakukan oleh jasa import barang secara umum:

  1. Merencanakan dan memilih rute yang paling tepat dan cepat untuk pengiriman.
  2. Membuat kemasan yang tepat sesuai dengan berat, sifat barang, iklim dan perjalanan yang akan dilalui hingga biaya pengiriman dan pergudangan di tempat tujuan.
  3. Menegosiasikan kontrak, biaya transportasi serta standar penanganan.
  4. Menyiapkan semua dokumen dalam memenuhi segala peraturan dan persyaratan asuransi, spesifikasi pengepakan dan syarat-syarat lainnya yang sesuai dengan peraturan.
  5. Menawarkan layanan konsolidasi via darat, laut dan udara serta memastikan solusi biaya yang efektif.
  6. Menghubungkan pihak dari eksportir dan importir dengan pihak ketiga dalam pemindahan barang yang sesuai.
  7. Mengatur asuransi serta membantu klien dalam hal klaim.
  8. Mengatur pembayaran pengiriman dan biaya lainnya yang diatas namakan klien.
  9. Mengaktifkan pelacakan barang setiap saat.
  10. Bertindak sebagai broker yang memiliki link dan kemampuan dalam bernegosiasi yang baik di seluruh dunia untuk memandu barang supaya terangkut secara efisien walaupun melalui prosedur yang rumit.
  11. Bekerja sama dengan pihak-pihak yang berkitan dalam memastikan kelancaran operasional sesuai dengan tenggat waktu.
  12. Melaksanakan komunikasi dan kontrol melalui semua tahapan perjalanan, termasuk dalam pembuatan laporan manajemen hingga analisis biaya statistik dan satuan.
  13. Bertindak sebagai konsultan di bidang kepabeanan.