Inovasi Untuk Ibu Indonesia

Diposting pada

generasimaju.com – Philips menyadari perkembangan peran penting ibu bagi keluarga serta lingkungannya. Berangkat dari pemikiran ini, beberapa waktu lalu Philips meluncurkan program bagi para ibu dengan tema, “Inovasi Philips Untuk Ibu Indonesia”. “Kami memahami pentingnya peran yang dijalankan ibu. Itulah sebabnya, kami ingin memberikan hal-hal yang bermakna, di antaranya melalui inovasi yang berfokus pada kebutuhan para ibu di Indonesia,“ ungkap Chaterine Siswoyo, Corporate Communications Manager PT Philips Indonesia.

Inovasi yang dilakukan meliputi Philips Mobile Van yang berkeliling ke beberapa tempat di Jakarta dan berencana menjangkau sekitar 2000 ibu. Beragam aktivitas yang dilakukan melalui Philip Mobile Van ini, antara lain memberikan promosi pembelian khusus produk-produk rumah tangga dan perawatan, memberikan segelas jus yang diolah lewat blender Phillips yang food grade, dan perawatan spa gratis untuk ibu yang berpartisipasi dalam acara. Kegiatan lain, yaitu acara Mom2Mom talskhow seperti yang diadakan di showroom Gedung Philips-Jakarta dengan pembicara dr. Jovita Maria Melania Setiawan, SpKFR dari RS Mayapada. Dokter Jovita memaparkan tentang pentingnya gaya hidup aktif demi menunjang kesehatan fisik dan psikis.

Aksi Antikuman

Beberapa waktu lalu, bertempat di Prive, FX Plaza, Jakarta Wipol memulai rangkaian kegiatan kampanye ”aksi anti Kuman”, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan. Kampanye ini diselenggarakan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta dan komunitas pemerhati kebersihan lingkungan, “Bersih Nyok!”. Kegiatan ini dilaksanakan sepanjang bulan Januari hingga Februari 2014 di 10 Puskesmas wilayah Jakarta. Selain itu, Tim aksi anti Kuman juga akan melakukan penyuluhan ke 12 posko banjir dan mengedukasi 1.000 rumah tangga. Menurut Maria Dewantini, Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia, Tbk., aksi bersih-bersih ini merupakan salah satu wujud komitmen perusahaannya untuk mengedukasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. “apalagi di musim penghujan ini, rumah yang bersih saja tidak cukup. Harus dipastikan higienis.

Untuk itu perlu dibersihkan dengan disinfektan sehingga terbebas dari kuman. Rumah yang bersih menjadi sehat dan nyaman untuk dihuni keluarga.” Dr. Dien Emawati, M. Kes, Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan dukungannya terhadap kampanye “aksi anti Kuman” yang diharapkan dapat membantu menyebarluaskan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam keluarga untuk menghindari penyebaran penyakit akibat kuman. Di acara peluncuran program ini, hadir pula dr. Sonia Wibisono, praktisi kesehatan yang menerangkan fakta-fakta tentang kuman yang harus terus diwaspadai walau area tersebut sudah terlihat bersih, karena bersih belum tentu higienis.

Tak ketinggalan, dr. Amaranila Lalita Drijono, SpKK, Ketua Komunitas “Bersih Nyok!”, mengatakan, memang tidak mudah mengubah perilaku masyarakat. Namun perlu dilakukan edukasi dan aksi secara perlahan dan menyeluruh, ke segala lapisan masyarakat. Untuk itulah, komunitasnya siap membantu menyebarkan kesadaran hidup bersih. Terakhir, Asep Haekal, Brand Manager Wipol PT. Unilever Indonesia Tbk., menjelaskan bahwa “aksi anti Kuman” kali ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang dilakukan pertama kali tahun 2013 lalu. Namun, kegiatan kali ini dilakukan lebih terencana dimana Wipol memberikan edukasi kepada ratusan rumah tangga untuk dapat melakukan perawatan rumah tangga bersih dan sehat.