Ini 6 Faktor Penyebab Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Diposting pada

Salah satu gejala kehamilan yang sangat populer adalah morning sickness. Dilansir dari healthline.com, morning sickness pada ibu hamil ditandai dengan rasa mual terutama di pagi hari, setelah bangun tidur. Morning sickness biasanya terjadi para trimester pertama kehamilan. Walau belum bisa ditentukan penyebab pastinya, faktor di bawah ini dipercaya memicu morning sickness.

  • Naiknya Kadar Hormon Estrogen dalam Tubuh

Kehamilan ditandai dengan perubahan hormon seks dalam tubuh ibu, progesteron dan estrogen. Pada ibu hamil, kadar estrogen bisa meningkat hingga 100 kali lebih banyak dibandingkan dengan sebelum kehamilan. Dilansir dari anget.org, walau hal ini tak bisa disebut sebagai penyebab utamanya, namun kondisi ini bisa jadi pemicu morning sickness.

  • Hormon Progesteron pun Ikut Meningkat

Tak hanya estrogen, hormon progesteron pun dianggap memiliki andil dalam menyebabkan morning sickness. Kadar progesteron yang tinggi dalam tubuh membuat rileks otot-otot pada rahim, sehingga mencegah kelahiran dini atau prematur. Tak hanya itu, hormon progesteron juga menyebabkan perut terasa mulas, karena asam lambung yang mengalami peningkatan.

  • Indra Penciuman yang Menjadi Sensitif

Saat hamil, Anda mungkin satu dari banyaknya ibu hamil yang tak tahan mencium bau-bau tertentu. Ada yang langsung merasa mual ketika mencium bau makanan, hingga bau dari tubuh suami sendiri. Indra penciuman yang makin sensitif saat tengah hamil, juga merupakan pemicu Anda sering merasa mual hingga muntah pada saat mengandung buah hati Anda.

  • Hormon hCG yang Mulai Diproduksi

Hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) merupakan hormon yang dihasilkan embrio yang sedang mengalami perkembangan setelah pembuahan terjadi. Hormon hCG dipercaya mengalami kaitan dengan morning sickness pada ibu hamil. Setelah embrio berkembang, produksi hormon ini tak serta-merta terhenti, karena tugas untuk memproduksinya digantikan oleh plasenta.

  • Produksi Protein GDF15 Pada Masa Awal Kehamilan

Berdasarkan hasil penelitian oleh seorang ahli genetika, Marlena Fezjo, yang dimuat di nytimes.com, morning sickness dikaitkan dengan produksi GDF15. GDF15 merupakan salah satu bentuk protein yang diproduksi oleh plasenta pada masa awal kehamilan. Jenis protein ini banyak ditemukan pada ibu hamil yang mengalami mual dan muntah pada masa kehamilannya.

  • Respons Alami Tubuh untuk Membatasi Makanan

Morning sickness yang Anda alami saat hamil diyakini sebagai bentuk strategi evolusi, yang otomatis dilakukan oleh tubuh. Tubuh secara alami melindungi janin yang sedang berkembang, dengan mengurangi kesempatan Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung toksin dan patogen. Alhasil, nafsu makan pun menjadi menurun karena morning sickness.

Sampai saat ini belum ditemukan faktor pasti penyebab morning sickness pada ibu hamil. Hal yang bisa dilakukan adalah meminimalisasinya agar kondisi ini mengurangi asupan nutrisi Anda. Sambil istirahat di rumah, tanyakan langsung treatment untuk kondisi ini, pada dokter kandungan di orami.co.di. Rajin konsultasi akan membantu untuk menjaga kesehatan kehamilan Anda.