IELTS Listening Online - Tips Melaksanakan Tes Mendengarkan IELTS
IELTS Listening Online - Tips Melaksanakan Tes Mendengarkan IELTS

IELTS Listening Online – Tips Melaksanakan Tes Mendengarkan IELTS

Diposting pada

IELTS Listening Online – Dalam tes umum IELTS, salah satu bagian yang biasanya ditakuti oleh para peserta adalah bagian mendengarkan. Mengapa? Itu karena bagian ini tidak dapat diulang begitu pertanyaannya hilang. Selain itu, bagi banyak orang, kemampuan mendengar dalam bahasa asing dianggap paling sulit untuk ditingkatkan dibandingkan dengan keterampilan lain seperti membaca atau menulis.
Tapi Anda seharusnya tidak terlalu khawatir. Ada beberapa tips dan trik untuk belajar membuat tes mendengarkan IELTS jauh lebih mudah. Apakah mereka? Di sini mereka bersama dengan penjelasannya.

IELTS Listening Online – Tips Melaksanakan Tes Mendengarkan IELTS

Garisbawahi Kata Kunci
Pada awalnya, waktu diberikan kepada Anda untuk membaca pertanyaan. Nah, Anda harus memanfaatkan periode waktu ini untuk menggarisbawahi kata kunci. Kata kunci tersebut harus terkait dengan apa, di mana, kapan, siapa, dan bagaimana situasi tertentu. Dengan cara ini, ketika Anda mendengarkan rekaman, Anda dapat dengan mudah merujuk pada situasi yang diberikan dengan pertanyaan di atas kertas atau layar komputer.

Memperhatikan Pertanyaan atau Pesanan
Sayangnya, ada banyak peserta yang gagal di bagian mendengarkan hanya karena mereka tidak memperhatikan pertanyaan dan perintah. Salah satunya adalah pada bagian ketika Anda diminta untuk menuliskan kata-kata tidak lebih dari tiga kata untuk setiap jawaban. Anda tidak boleh melakukannya dengan tidak menuliskan jawaban lebih dari tiga kata. Jika memungkinkan, Anda bahkan dapat menuliskan pesanan secara singkat dengan kata-kata Anda sendiri sebagai pengingat.

Berfokus pada Pertanyaan yang Lebih Mudah
Jangan stres karena Anda berpikir bahwa pertanyaannya terlalu sulit. Ini pasti sesuatu yang tidak bisa Anda hindari. Dalam mendengarkan IELTS dan jenis tes lainnya, harus ada rentang kesulitan mulai dari yang sangat mudah hingga yang sangat sulit.
Jauh lebih baik untuk fokus pada pertanyaan yang lebih mudah. Tes IELTS sebenarnya hanya tentang bagaimana Anda merangkum skor. Sementara itu, skornya sama antara yang mudah dan yang sulit. Jika Anda fokus pada pertanyaan-pertanyaan sulit, itu berarti Anda hanya membuang waktu Anda.