Apakah Menonton Anime BIsa Membatalkan Puasa

Hukum Nonton Anime di Bulan Puasa, Bikin Batal?

Diposting pada

Saat ini kita sudah memasuki bulan Ramadhan, dimana umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa. Dan biasanya banyak orang yang menghabiskan waktu ngabuburit menunggu berbuka dengan menonton anime.

Dari sinilah mulai muncul banyak pertanyaan, apakah aman menonton anime di waktu berpuasa? Apakah akan membatalkan ibadah puasa yang sedang kita jalankan? Mari kita bahas permasalahan tersebut supaya tak ada kekhawatiran lagi.

Kita tahu bahwa puasa adalah ibadah yang bukan hanya menahan lapar dan haus, namun juga hawa nafsu. Hawa nafsu yang dimaksud disini bentuknya ada berbagai macam hal seperti marah, dan emosi yang berlebihan lainnya.

Apakah Menonton Anime BIsa Membatalkan Puasa

Namun pasti yang paling banyak dikhawatirkan terkait dengan kegiatan menonton anime adalah nafsu ke arah hal-hal yang bersifat pornografi. Yap, sudah menjadi rahasia umum jika ada banyak serial anime yang mempertontonkan hal-hal yang pada dasarnya kurang dapat diterima menurut budaya kita.

Contoh dasarnya seperti adegan-adegan fanservices yang memang tujuannya memperlihatkan bagian-bagian tidak senonoh. Hal tersebut tentu tidak cocok ketika ditonton saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Lalu apakah menonton anime bisa membatalkan puasa? Jawabannya tergantung dari jenis anime yang kita tonton. Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa memilih anime yang aman ditonton saat berpuasa berdasarkan genrenya.

Apakah Menonton Anime BIsa Membatalkan Puasa

Hindari genre-genre seperti harem, ecchi atau bahkan romance yang seringkali mengandung adegan fanservices. Karena tentu saja anime genre tersebut beresiko tinggi mengandung konten-konten yang mengundang hawa nafsu. Karena memang itu merupakan salah satu tujuan dari genre tersebut.

Beberapa genre anime lain yang cukup aman untuk ditonton ketika sedang ngabuburit seperti slice of life dan comedy. Dimana pada genre-genre tersebut akan sangat menghibur ketika sedang menunggu waktu berbuka. Tidak tahu apa saja judul anime yang cocok untuk bulan puasa? Silahkan cek rekomendasi anime terbaik dari Chameleonime.

Kalian akan mendapatkan saran sejumlah judul serial yang terbilang aman dan tidak akan membatalkan ibadah puasa. Jangan sampai kecerobohan dalam memilih hiburan bisa membuat ibadah kita menjadi sia-sia. Kalian juga bisa request informasi terkait anime dan manga disana.