hukum newton

Hukum Newton – Pengertian, Bunyi dan Rumusnya Lengkap

Diposting pada

Hukum Newton adalah sebuah hukum yang menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu objek dan gerakan yang ditimbulkannya. Hukum gerak ini adalah dasar dari mekanika klasik, yang dijabarkan dalam tiga hukum fisika.

Seperti namanya, hukum Newton diungkapkan oleh seorang ahli fisika, matematika, dan filsuf Inggris bernama Sir Isaac Newton (1643-1722). Dia menemukan hukum gravitasi, gerak, kalkulus, teleskop cermin, dan spektrum.

hukum newton

Pengertian Hukum Newton

Hukum Newton merupakan tiga hukum fisika sebagai dasar atau berlandasan mekanika klasik, yang menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada objek bergerak. Hampir semua formula fisik mengacu pada gerakan dari jarak atau tinggi. Jadi, sangat penting untuk mempelajari Hukum Newton.

Hukum Newton merupakan salah satu aturan yang dipakai pada fisika. Objek bergerak tidak dapat dijelaskan dengan logika, tetapi jika Anda menerapkan hukum Newton, Anda dapat menghitung berapa banyak kecepatan dan jaraknya.

Benda yang jatuh dari atas atau pergerakan benda dari satu titik ke titik lainnya dapat diartikan sebagai memindahkan atau memindahkan objek.

Bunyi Hukum Newton

Hukum Newton 1

Ketika gaya yang dihasilkan bekerja pada objek sama dengan nol, objek yang semula diam akan tetap diam. Objek yang awalnya bergerak dalam garis lurus tetap lurus lurus dengan kecepatan tertentu.

Rumus Hukum Newton 1

Rumus Hukum Newton 1

 

 

Contoh Hukum Newton 1

Jika Anda mengendarai mobil yang bergerak cepat, rem penghuni didorong ke depan.Mobil melaju perlahan dan tiba-tiba muncul di atas bensin, sehingga penumpang bersandar. Misalnya, jika koin diletakkan di atas kain dan kain ditarik dengan cepat, koin itu akan tetap ada.

Hukum Newton 2

 

Akselerasi suatu benda sebanding dengan gaya yang bekerja pada benda (gaya yang dihasilkan) dan berbanding terbalik dengan massanya.

Rumus Hukum Newton 2

Rumus Hukum Newton 2

 

 

 

 

 

Contoh hukum Newton 2

Dengan menarik kereta, pupuk diangkut dari rumah ke pertanian

Jika ditarik dengan gaya yang sama, kendaraan dengan massa yang lebih besar (ada beban) memiliki akselerasi yang lebih rendah, sedangkan dengan kendaraan yang sama (massa yang sama), yang ditarik dengan gaya yang lebih besar, akselerasi lebih besar.

Pindahkan bola ke permukaan yang rata

Hukum Newton 3

Ketika satu objek menerapkan gaya ke objek lain, objek yang mengalami gaya memberikan gaya yang sesuai dengan gaya yang diterima dari objek pertama tetapi dalam arah yang berlawanan.

Rumus Hukum Newton 3

Ada tiga yaitu gaya gesek, berat dan gaya sejenis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Hukum Newton 3

Saat Anda duduk di kursi busa, beban mendorong kursi ke bawah sementara kursi menahan beban.Jika Anda melempar bola ke dinding, bola berputar dengan kekuatan yang sama. Ketika seseorang mengenakan sepatu roda dan mendorong ke dinding, dinding mendorong sebanyak kekuatan yang Anda lakukan, tetapi arahnya berlawanan, memaksa orang itu menjauh dari dinding.

Sumber diambil dari : rumus.co.id