bahaya merokok

Hentikan Merokok Sekarang Juga, Ini Bahayanya Jika Diteruskan

Diposting pada

Pernahkah anda membaca slogan yang ada di kemasan pembungkus rokok tentang peringatan bahaya merokok?, saya yakin jika anda perokok pasti pernah membacanya tapi mengapa anda masih merokok sampai sekarang, jawabannya ada pada diri kita sendiri.

Rokok sudah ada sejak jaman nenek moyang kita, kebiasaan ini ditularkan secara turun temurung hingga sekarang. Tidak heran jika kebiasaan merokok tidak dapat dihilangkan karena sudah membudaya dan sekarang telah menjadi trend tersendiri dikalangan anak muda.

Rokok merupakan salah satu penyebab kematian di dunia dan di Indonesia berdasarkan survey yang dilakukan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007 menyebutkan setiap jamnya sekitar 46 orang meninggal dunia akibat penyakit yang berhubungan dengan merokok. hasil survey ini dapat menjadi peringatan keras kepada semua perokok yang ada di Indonesia agar mau menghentikan kebiasaannya tersebut.

Kebiasaan merokok bukan hanya berpengaruh buruk bagi perokok aktif tapi tahukan anda bahwa risiko perokok pasif (orang yang ada disekitar anda) 3 kali lebih tinggi dari perokok aktif. dr. Budhi Antrariksa (spesialis Paru dari RS. Royal Taruma) mengatakan bahwa 25% zat berbahaya yang terkandung dalam rokok terhisap masuk ke dalam tubuh perokok, sedangkan 75% selebihnya beredar di udara bebas yang berisiko terhisap masuk ke tubuh orang lain yang ada disekitarnya. Jika anda menyayangi keluarga, sahabat, teman dan orang sekitar anda sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan merokok.

Kebiasaan merokok sedikitnya menyebabkan 30 jenis penyakit pada manusia. Salah satunya adalah Disfungsi Ereksi dan Ejakulasi dini pada pria. Dalam perbatang rokok terkandung didalamnya tujuh ribu zat aktif kimia yang berbahaya, dua ratus jenis diantara zat kimia berbahaya tersebut memiliki sifat yg dpt membuat kerusakan gen dlm tubuh manusia hingga dapat memicu munculnya berbagai penyakit mematikan spt cancer, emfisema, bronkitis, aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) yg memiliki dampak munculnya berbagai penyakit jantung, hipertensi, stroke, menopause dini, impotensi dan ejakulasi dini.

bahaya merokok

Kiat Berhenti Merokok

Untuk dapat berhenti merokok diperlukan kesungguhan untuk melakukannya, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk dpt berhenti merokok.

  • Berniatlah secara sungguh-sungguh untuk berhenti merokok
  • Beritahukan orang disekitar anda bahwa anda sekarang berhenti merokok dan minta dukungan mereka.
  • Jauhilah lingkungan perokok
  • Carilah aktivitas yang berguna bagi tubuh
  • Bawalah selalu permen kemana anda pergi.
  • Sebelum terlambat, berhentilah merokok dari diri anda dan orang-orang di sekitar anda.

Demikian informasi seputar merokok, semoga anda dapat menghentikan kebiasaan merokok anda untuk melindungi orang sekitar anda.

artikel terkait :

  1. http://irvanhafid.web.id/
  2. http://koranmakassaronline.com/2019/08/10/foredi-makassar-promo-beli-1-box-gratis-1-sachet/