Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan Singkat 

Diposting pada

Sadar atau tidak sadar, sangat mungkin bahwa Anda telah membaca contoh-contoh teks editorial / opini karena salah satu karakteristik teks editorial adalah subjek yang sedang hangat dibicarakan.

Penyajian teks editorial memiliki tujuan untuk melibatkan pembaca dalam memikirkan masalah yang terjadi, serta memberikan pembaca dengan visi tentang masalah yang sedang berkembang.

Terkadang bahkan bisa menggerakkan pembaca untuk melakukan suatu tindakan. Yang jelas editorial biasanya menjelaskan berita dan pengaruhnya terhadap komunitas. Dan artikel https://materibelajar.co.id/teks-editorial/ membahas secara eksklusif dengan contoh-contoh pendidikan.

Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan Singkat

Kami tidak hanya menyediakan 1 opsi sehingga Anda dapat memilih contoh teks mana yang pendek dan baru.

Contoh 1: upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Pendidikan telah menjadi kebutuhan semua umat manusia dan merupakan kunci bagi kemajuan suatu bangsa. Tentu saja kami sadar bahwa dengan pendidikan berkualitas, peluang untuk menjadi setara dengan negara lain yang lebih maju semakin besar. Namun ternyata kualitas pendidikan di negara ini tidak sebaik di negara lain.

Lembaga pendidikan mencari cara untuk menciptakan lulusan yang berkualitas untuk mengantisipasi perubahan dan tantangan yang semakin sulit. Keberhasilan tidak dapat dipisahkan dari semua kondisi.

Sekarang, untuk mencapai keberhasilan dalam meningkatkan kualitas pendidikan, upaya serius dilakukan untuk menemukan solusi terhadap masalah yang harus ditangani.

Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan menjadi penting untuk menanggapi tantangan globalisasi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan pergerakan besar para ahli.

Lembaga pendidikan harus mampu menghasilkan hasil pendidikan yang berkualitas karena ras antar bangsa sangat sengit dan intens. Sehingga mereka memiliki keterampilan dan kompetensi profesional yang siap menghadapi persaingan global.

Di era teknologi seperti sekarang, guru bukan satu-satunya sumber informasi dan pengetahuan. Namun peran guru telah berubah menjadi motivator, fasilitator dan dinamis. Ada juga jaringan internet di mana banyak situs web menyediakan materi pendidikan.

Dalam keadaan seperti itu, guru harus memainkan peran yang lebih besar karena peran pendidik tidak dapat digantikan oleh siapa pun atau apa pun.

Oleh karena itu, untuk menjalankan peran ini secara efektif, perlu untuk meningkatkan langkah dan upaya yang jelas dan tepat. Beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah tantangan utama yang harus segera dilakukan oleh pemerintah.

Contoh 2: pendidikan hanya menghasilkan orang yang cerdas, bukan orang yang berpendidikan

Saat ini ada banyak tindakan memalukan di negara ini seperti korupsi, korupsi dan lainnya. Namun anehnya pelaku kejahatan ini adalah orang pintar yang memiliki gelar sarjana dari lulusan terkenal.

Melihat fenomena ini, sepertinya ada yang salah dengan model pendidikan formal di negara ini yang seharusnya direvisi.
Model pendidikan formal saat ini hanya mengajarkan ilmu-ilmu dunia sehingga menghasilkan orang-orang cerdas tetapi sayangnya tidak berpendidikan dan tidak memiliki karakter yang baik.

Akibatnya, orang-orang cerdas ini menjadi orang jahat, pencuri, menindas yang lemah. Meskipun mereka harus menjadi penolong dan pemimpin yang baik untuk menciptakan manfaat bagi banyak orang.

Banyak orang terhormat di negara ini tertangkap tangan melakukan tindakan korupsi atau korupsi. Mereka juga berpendidikan tinggi dan mengaku beragama, tetapi tindakan mereka sangat memalukan dan berbahaya.

Beberapa tindakan ini bahkan dilakukan dengan teman-teman yang menyatakan “wanita”. Yang lebih menyedihkan ketika mereka ditangkap oleh pihak berwenang, mereka berperilaku tenang dan tersenyum kepada masyarakat seolah-olah mereka tidak merasa bersalah dan bahagia dengan apa yang mereka lakukan.

Apa yang tidak mereka ketahui dan mereka tidak pernah diajari bahwa makan uang yang bukan hak mereka adalah perbuatan dosa dan hukum Taurat adalah haram bagi mereka.

Faktanya mereka kehilangan kesadaran dan membiarkan diri mereka. Untuk alasan ini, sistem pendidikan formal saat ini harus segera ditingkatkan tidak hanya dengan memprioritaskan hasil, tetapi juga proses menciptakan orang-orang cerdas yang memiliki moral yang baik.

Contoh 3: Perlukah ujian online nasional diadakan?

Dalam beberapa bulan ujian nasional akan berlangsung dari sekolah dasar hingga sekolah menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menambahkan peraturan baru, yaitu pelaksanaan ujian online nasional di berbagai sekolah.

Dilihat oleh situasi saat ini dan lapangan, rencana ini belum tepat dan harus dipertimbangkan kembali karena masalah seperti infrastruktur yang tidak teratur dan kurangnya pengetahuan oleh para ahli dari berbagai sekolah.

Meskipun ini sangat bagus. Jika pelaksanaan ujian online nasional terus dilakukan, beberapa sekolah akan menghadapi kesulitan karena tidak adanya infrastruktur yang memadai seperti komputer, akses internet dan listrik.

Bayangkan hanya ketika ada sekolah dengan 250 siswa yang mengikuti ujian nasional, jadi berapa banyak komputer yang dibutuhkan sekolah untuk mengikuti ujian nasional ini.

Tentunya membutuhkan banyak komputer. Dan jika dia tetap dipaksa, salah satunya adalah menggunakan komputer secara bergantian. Namun ini rentan terhadap munculnya kecurangan dalam ujian nasional.

Lebih lanjut, kurangnya tenaga ahli di sekolah yang berbeda juga menjadi masalah, karena pasti beberapa sekolah akan bingung dalam implementasinya karena mereka tidak mengerti bagaimana cara mengimplementasikannya.

Tentu saja, jika pemerintah ingin melakukan ujian online nasional, pemerintah harus menjamin ketersediaan infrastruktur pendukung dan tidak terburu-buru untuk mengimplementasikannya.

Pemerintah juga harus melakukan sosialisasi langsung di sekolah jauh sebelum ujian nasional agar tidak menimbulkan masalah seperti dijelaskan di atas.

Itula contoh teks editorila tentang pendidikan, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bgi para pembaca. Terima kasih!

Artikel terkait : https://materibelajar.co.id