CITY CAR BERAGAM GAYA, SUZUKI IGNIS

Diposting pada

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hari ini (25/4/2017) menggelar acara media drive Suzuki Ignis. Ini merupakan kelanjutan dari acara peluncuran resminya minggu lalu dan memilih kota Jakarta sebagai tempat untuk mengeksplorasi kemampuan crossover mungil atau yang disebut Suzuki sebagai urban SUV asal India ini.

Secara umum tampilannya memang bak sesosok penjelajah mungil. Ini hadir melalui tampilan kompak dan stylish, ground clearence agak tinggi plus terdapat roof rack. PT SIS juga telah menambahkan warna hitam doff pada body moulding dan over fender yang hasilnya dapat mempertegas konsep crossover pada Suzuki Ignis.  Meskipun demikian, Suzuki ignis lebih cocok lagi disebut sebagai city car atau mungkin compact crossover timbang urban SUV karena besaran dimensinya. Yang menarik untuk disimak adalah desain pada bagian buritan. Media-media luar banyak menyebutkan bahwa ini adalah desain nostalgia kepada model Suzuki yang populer pada tahun 70-an yakni Suzuki Cervo atau SC100.  Kei car coupe lawas tersebut memang memiliki buritan yang unik dengan lekukan pilar C yang hampir serupa namun sedikit lebih panjang dibandingkanSuzuki Ignis.

Sebenarnya memang tidak banyak informasi yang terkait dengan spesifikasi dari Suzuki Ignis ini. Namun, versi produksi dari konsep iM-4 ini dianggap bakal hadir dengan sistem penggerak 4 x 4 (seluruh roda) dan dengan Harga Suzuki Ignis yang terbilang masih sangat terjangkau. Sementara itu disisi hal untuk basis mobil ini akan berpenggerak roda depan dengan tata letak mesin yang juga berada di depan. Bahkan, untuk pengaturan penggerak Suzuki Ignis ini bisa diubah menjadi 50% depan dan 50% di belakang. Hasil reinkarnasi konsep iM-4 yang satu ini terlahir mengenakan platform yang sama dengan Suzuki Baleno terbaru dan mengadopsi tampang retro modern nan unik.

Ground clearance yang cukup tinggi serta pacuan ukurannya yang kompak turut menjanjikan kapabilitas berkendara yang menyenangkan. Suzuki Ignis ini tetap memiliki tenaga yang gahar untuk permesinannya. Pasalnya, mobil terbaru besutan Suzuki ini sudah mengandalkan mesin K 12C Dualjet VVT-I dengan kapasitas 1.250 cc. Kemudian Suzuki Ignis ini juga telah dibekali dengan teknologi mild-hybrid pada mesinnya tersebut. Paduan mesin bensin dan juga tenaga listrik yang ada pada mobil ini disebut mampu mendorong dengan kekuatan 89.75 hp. Dengan kekuatan yang cukup tersebut maka mobil crossover mungil ini akan memberikan performa yang powerfull dan memiliki akselerasi yang lebih cepat dari biasanya. Hal lain adalah adanya kabar bahwa Suzuki akan juga memberikan opsi penggerak 4 roda atau yang disebut dengan 4WD sebagai varian khusus.

Sedangkan, untuk varian standarnya akan menggunakan sistem penggerak 2 roda yang biasa disebut pula dengan 2WD atau penggerakan system pada mobil biasanya. Menurut informasi yang telah beredar bahwa mobil ini juga memiliki varian yang telah dilengkapi dengan fitur sistem All grip dan juga all whell drive atau AWD yang terhubung ke dalam sistem transmisi CVT. Terlepas dari itu semua, hal yang cukup menarik yaitu bahwa moobil ini telah dilengkapinya dengan sistem AWD yang memiliki rasio konsumsi bahan bakar hingga 19.8 Km/ Liter. Dan untuk versi AWD yang terdapat pada jenis mobil Suzuki Ignis ini hanya membutuhkan 1 liter bahan bakar saja untuk menempuh jarak yang mencapai 25.4 km. Sehingga, dapat mudah diketahui bahwa spesifikasi Suzuki Ignis ini merupakan crossover yang tergolong irit namun tetap memberikan performa yang powerful.