cara-unduh-video-youtube-di-ponsel

Cara Unduh Video YouTube di Ponsel dengan Mudah

Diposting pada

Menonton video melalui YouTube sekarang telah menjadi bentuk hiburan tersendiri. Namun, tentu saja untuk menonton video di YouTube pastinya akan membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit.

Belum lagi bila Anda sedang bepergian ke suatu tempat dengan jangkauan internet yang belum optimal. Salah satu cara yang mudah untuk bisa terus menikmati video di YouTube yaitu dengan mengunduhnya.

Banyak aplikasi pengunduh video YouTube yang tersedia. Bahkan aplikasi YouTube untuk Android dan iOS memiliki fitur download, namun tidak semua video dapat diunduh secara cuma-cuma.

Salah satu aplikasi yang populer untuk mengunduh video YouTube yaitu TubeMate. Penasaran bagaimana cara memakainya? Simak tips berikut ini.

1. Izinkan Instalasi Aplikasi ‘Asing’

Aplikasi TubeMate tidak tersedia di Google Play Store karena Google tidak senang dengan adanya aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh video YouTube.

Mengunduh video dari YouTube sendiri tidak terbilang ilegal asalkan Anda tidak menggunakan video itu untuk alasan komersial atau mendistribusikannya. Namun tindakan ini memang melanggar syarat dan ketentuan Google.

Sebelum mengunduh aplikasi TubeMate, pastikan Anda telah memberikan izin untuk menginstal aplikasi asing yang Anda unduh di luar Play Store. Hati-hati saat Anda mengaktifkan fitur ini karena Anda wajib pastikan aplikasi yang diinginkan aman dan terpercaya.

Cara untuk memberi izin instalasi ini adalah dengan masuk ke aplikasi Settings lalu pilih Security. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan opsi ‘Unknown sources’ atau ‘Install unknown apps’ tergantung pada smartphone Anda, setelah itu, klik toggle yang ada hingga aktif.

2. Download dan Instal TubeMate

Gunakan browser pada smartphone atau tablet Android Anda untuk bisa mengunduh APK TubeMate terbaru di tubemate.net. Pilih salah satu dari link download yang tersedia. Klik link dari situs yang telah diverifikasi dan unduh APK TubeMate.

Anda mungkin akan melihat peringatan mengenai mengunduh file APK. Cukup klik OK untuk mengizinkannya. Setelah selesai diunduh, klik Install dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

3. Pilih Video yang Ingin Diunduh

Buka aplikasi TubeMate yang sudah diinstal dan Anda akan melihat tampilan TubeMate terlihat seperti aplikasi YouTube untuk Android. Pada bagian atas aplikasi akan terlihat ikon kaca pembesar yang dapat Anda gunakan untuk mencari video YouTube yang spesifik.

4. Download Video

Setelah memilih video YouTube yang diinginkan di TubeMate, buka lalu putar video tersebut. Nantinya Anda akan melihat tombol ‘Download’ yang berwarna merah dan ada di bagian kanan bawah.

Klik tombol merah tersebut kemudian Anda akan melihat daftar berbagai format audio dan kualitas video yang berbeda. Pilih format dan kualitas yang Anda rasa lebih cocok, setelah itu, klik tombol ‘Download’ sekali lagi.

Video Anda akan diunduh di background dan Anda boleh menggunakan smartphone seperti biasanya. Anda juga dapat memasukkan video ke dalam daftar antri untuk dapat diunduh nanti. Ini akan berguna bila Anda tidak ingin menggunakan kuota internet dan menunggu sampai mendapatkan koneksi WiFi.