Cara Menghindari Penipuan di Angkor Wat

Diposting pada

Berikut merupakan beberapa jenis penipuan di Angkor Wat dan cara menghindarinya ketika Anda berlibur di Kamboja.

1. Tuk-tuk

Salah satu penipuan yang paling terkenal adalah ketika Anda menggunakan Tuk tuk. Ini adalah tipuan panjang yang dimulai dengan membuat Anda lengah di terminal bus atau bandara, di mana ada banyak pengemudi tuk-tuk yang akan menawarkan untuk membawa Anda ke hotel, terkadang bahkan gratis. Kemudian, mereka menawarkan harga yang sangat bagus untuk pergi ke Angkor Wat (US $ 15 untuk sepanjang hari termasuk untuk menikmati matahari terbit / terbenam) dan mengatakan bahwa mereka akan berada di sana untuk menjemput Anda di pagi hari. Pukul 4.30 pagi, di sana mereka seperti yang dijanjikan, bersiap untuk pergi.

Pertama, berangkat ke kantor tiket, sekitar 3mi (5 km) dari pintu masuk taman. Anda masuk dan membayar tiket Anda, dan kemudian, masalah dimulai. Saat matahari terbit, begitu pula harganya. tidak lagi US $ 15 untuk sehari penuh, harganya bisa naik hingga US $ 30 per orang atau lebih. Dalam keputusasaan Anda untuk menyaksikan matahari terbit, Anda terpaksa membayarnya, dan pada saat Anda menawar harga, Anda telah melewatkan cahaya keemasan dan kerumunan turis telah tiba.

Wisatawan yang membayar dengan harga murah kemungkinan besar akan menemukan bahwa pengemudi tuk-tuk mereka menghilang, mencari pelanggan yang membayar lebih tinggi. Jika Anda bosan menunggu – sering kali satu atau dua jam – dan akhirnya menawar tarif lain dengan pengemudi yang berbeda, Anda dapat menjamin pengemudi asli Anda akan muncul di akomodasi Anda nanti, marah kepada Anda karena ‘mengabaikan’ dia dan menuntut pembayaran.

Cara terbaik untuk menghindari jenis penipuan ini adalah dengan memesan tuk-tuk untuk hari itu melalui akomodasi (hotel atau penginapan) Anda. Jika Anda membayar hampir US $ 40 untuk Angkor Pass, ada baiknya memastikan sisa hari berjalan lancar. Lakukan riset dan pastikan Anda tahu ke mana Anda ingin pergi sehingga Anda dapat mengonfirmasi rencana liburan Anda dengan pengemudi tersebut.

Rencanakan hari Anda sebelumnya, berangkat pagi-pagi sekali, ikuti rencana tersebut, dan pastikan Anda tidak membayar penuh sampai akhir – atau hanya membayar setengah di muka – dan simpan sedikit uang receh untuk tip jika semuanya berjalan lancar baik.

2. Agen tiket palsu

Pada umumnya, setelah Anda membeli Angkor Pass, Anda akan melewati beberapa pos pemeriksaan untuk mendapatkan cap dan verifikasi. Tiket ini berlaku selama satu, tiga atau tujuh hari, dan mencakup semua kuil di kompleks Angkor, jadi Anda tidak akan dikenakan biaya masuk tambahan. Kadang-kadang, ada penjaga tiket palsu yang mencoba memberi tahu Anda bahwa Anda harus membayar ekstra untuk masuk ke kuil.

Penjaga tiket resmi selalu memakai kemeja biru dengan lencana nama dan tali dengan tanda pengenal berfoto dan tidak akan meminta uang kepada Anda. Mereka ada di sana untuk memeriksa ulang kartu Anda dan memberikan keamanan di situs kuil tersebut, tetapi jika Anda ragu, Anda selalu dapat meminta untuk melihat ID mereka juga.

3. Pemandu wisata palsu

Menjadi pemandu wisata resmi di Angkor Wat membutuhkan pelatihan berbulan-bulan, tetapi siapa pun yang menguasai bahasa Inggris dan pikiran yang tajam dapat melihat ini sebagai cara untuk mendapatkan beberapa pemasukan ekstra – bahkan seorang petugas polisi berseragam! Berhati-hatilah terhadap siapa pun yang mendekati Anda dan bertanya apakah Anda memerlukan pemandu, atau menawarkan untuk memberi tahu Anda beberapa informasi secara gratis, atau bahkan pengemudi tuk-tuk yang juga mengatakan bahwa mereka adalah pemandu atau dapat memberi Anda beberapa informasi, karena pada akhirnya, mereka hanya ingin mencari uang secara cepat untuk ‘pengetahuan’ mereka.

Terkadang, mengabaikan orang dan melanjutkan perjalanan Anda bisa menjadi satu-satunya cara untuk menyingkirkan mereka. Headphone membantu, meskipun Anda tidak sedang mendengarkan apa pun. Anda dapat mengatakan bahwa Anda tidak punya uang, tetapi mereka akan terus mencoba membujuk Anda. Jika Anda memutuskan ingin menyewa pemandu, semua pemandu resmi mengenakan kemeja kuning muda dan lanyard.

Tips tambahan

Lakukan yang terbaik untuk tidak memamerkan barang berharga dan menyimpan kamera Anda sebelum Anda melakukan tawar-menawar. Awasi kantong Anda jika Anda tiba-tiba dikelilingi oleh sekelompok anak-anak karena bisa saja dompet Anda tiba-tiba menghilang. Berhati-hatilah seperti biasa, jangan bawa paspor Anda, atau uang tunai dalam jumlah berlebihan, dan berhati-hatilah dengan barang bawaan Anda sebisa mungkin.

Itulah beberapa jenis dan cara menghindari penipuan di Angkor Wat ketika Anda sedang berlibur di Kamboja. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menciptakan pengalaman liburan yang lebih nyaman. Apabila Anda masih ragu untuk mengunjungi Angkor Wat karena beberapa hal tersebut, maka Anda dapat memilih paket wisata ke luar negeri yang ditawarkan oleh beberapa agen pariwisata. Ini karena, semua hal yang Anda butuhkan, seperti transportasi, penginapan, dan lain sebagainya telah disiapkan dengan seksama.