Cara Membersihkan Restaurant

Temukan Cara Membersihkan Restaurant yang Cepat dan Tepat

Diposting pada

Terlihat sepele, namun ada saja cara membersihkan restaurant yang sering terlewatkan. Padahal, kebersihan di suatu restaurant amat penting. Hal ini sangat berpengaruh pada kenyamanan tamu.

Selain untuk menghadirkan kenyamanan, pembersihan restaurant yang sempurna dilakukan untuk menghindari kontaminasi. Sebagai tempat sajian kuliner, makanan yang di tawarkan tentu tak cukup hanya enak saja, bukan? Aman dan sehat juga sangat penting.

baca juga: home cleaning tangerang

Inilah Alat Yang Dibutuhkan Untuk Membersihkan Restaurant

Untuk membersihkan restaurant, ada beberapa alat yang wajib dipersiapkan. Diantaranya adalah container, sapu dan sikat, kain lap atau linen, dan cairan pembersih (detergen). Untuk mempersingkat durasi pembersihkan, siapkan seluruh peralatan yang diperlukan secara seksama. Setelah itu, fokus pada area yang akan dibersihkan.

Dapur menjadi area restaurant yang wajib terjaga kebersihannya. Kebersihan dapur erat kaitannya dengan kenikmatan dan kesehatan makanan yang disajikan. Pastikan Pisau, kompor, talenan, hingga alat masak lainnya, tercuci dengan bersih setelah digunakan.

Setelah dapur,area meja restaurant menjadi fokus berikutnya. Setelah selesai digunakan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengangkat piring dan gelas kotor dari meja. Jangan lupa, untuk memisahkan sampah, agar lebih mudah dibersihkan.

Kemudian, angkat seluruh perabot, seperti vas bunga, lilin dan sebagainya. Lalu, semprot cairan pembersih pada meja, agar noda bekas makanan dan minum dapat lebih mudah hilang.

Cara membersihkan meja restaurant bisa menggunakan kain linen. Kain jenis ini memang biasa digunakan untuk membersihkan permukaan kaca, kayu furnished dan keramik. Linen berbahan microfiber, sehingga dapat menyerap air.

baca juga: jasa bersih rumah bsd

Membersikan Alat Penyajian Makanan dan Minuman

Kebersihan peralatan restaurant juga wajib diperhatikan. Tentu ada banyak sekali peralatan yang digunakan di restaurant. Baik yang berhubungan langsung untuk menyajikan menu direstaurant tersebut, maupun yang sekedar dimanfaatkan sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan.

Cara membersihkan peralatan restaurant yang paling sederhana adalah dengan menggunakan linen untuk menghilangkan noda yang menempel. Pembersihan yang dilakukan secara rutin dapat menghindari korosi pada peralatan, khususnya yang berbahan stainless. Selain dapat terhindar dari kontaminasi, membersihkan peralatan restaurant secara rutin jg dapat membuatnya lebih awet.

Yang seringkali terabaikan, namun dapat dikatakan hal yang sangat penting, yaitu menjaga kebersihan alat pembersih itu sendiri.

Setelah digunakan untuk membersihkan area restoran serta peralatannya, sapu, sikat, hingga linen harus disimpan dalam kondisi bersih. Tumpukan kotoran dan noda yang menempel pada alat pembersih, dapat mengakibatkan kontaminasi silang. Hal inilah yang menimbulkan bau busuk, juga menjadi tempat kuman berkembang biak.

Sapu dan sikat dibersihkan dengan cara dicuci. Sedangkan cara membersihkan linen adalah dengan merendamnya terlebih dahulu dalam sabun, kemudian dicuci hingga bersih. Simpan linen dalam kondisi kering dan bersih.

Ada banyak cara untuk menarik impresi pengunjung. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan area restaurant. Selain itu, keramahan dan kualitas makanan yang disajikan juga tak kalah pentingnya. Tak heran, jika cara membersihkan restaurant menjadi salah satu upaya, dalam menarik kesan baik para pengunjung.

Butuh Dana untuk Usaha UMKM? Pinjaman BRI siap membantu Anda.