Cara bersihkan jok mobil dari kain

Cara Bersihkan Jok Mobil dari Kain yang Mudah dan Bisa Dilakukan Kapan Saja

Diposting pada

Penampilan jok mobil berbahan kain bisa selalu tampak bersih dan seperti baru bila Anda menerapkan cara bersihkan jok mobil dari kain yang mudah berikut ini.

baca juga jasa cuci jok mobil bandung

Merawat Jok Mobil Berbahan Kain

Jok mobil berbahan kain terutama kain beludru mudah sekali terkena kotoran dan meninggalkan bekas. Biasanya para pemilik jok mobil dari kain beludru langsung bergegas membersihkan noda agar tak meresap ke dalam jok. Bila Anda juga memiliki jok mobil berbahan kain beludru, selalu persiapkan lap bersih, cairan penghilang noda dan sikat agar bisa membersihkan jok kapan saja dibutuhkan. Kemudian, terapkan cara membersihkan jok mobil dari kain berikut ini :

  • Gunakan vacuum cleaner

Cara membersihkan jok mobil dari bahan kain yang pertama yakni menyedot debu yang menempel menggunakan vacuum cleaner hingga ke sela-sela jok. Dengan menggunakan vacuum cleaner, debu-debu berukuran kecil pun bisa terangkat semua.

  • Bersihkan noda menggunakan cairan pembersih

Bila jok sudah bersih dari debu namun masih meninggalkan noda di jok, cara bersihkan jok mobil dari kain selanjutnya yakni bersihkan menggunakan cairan pembersih noda. Kotoran yang tak terangkat oleh vacuum cleaner seperti makanan  yang mengering atau bercak minuman bisa dibersihkan menggunakan cairan pembersih ini.

baca juga cuci jok mobil di bandung

  • Menyikat kotoran secara searah

Salah satu penyebab jok mobil dari kain mudah rusak adalah kekeliruan saat menyikat permukaan jok. Setelah kotoran dibersihkan menggunakan cairan pembersih, jok mobil masih harus disikat menggunakan sikat yang lembut. Sikat permukaan jok mobil secara searah sehingga bulu-bulu halus pada jok tak tercabut.

  • Menjemur jok mobil

Langkah terakhir dalam membersihkan jok mobil dair bahan kain  yakni menjemur jok mobil. Jok mobil berbahan kain boleh dijemur di bawah sinar matahari langsung. Caranya yakni dengan membuka semua pintu mobil sehingga pancaran sinar matahari bisa langsung mengenai jok mobil. Jemur hingga jok mobil mengering.

Cara bersihkan jok mobil dari kain terutama yang terbuat dari kain beludru memang mudah. Namun, Anda perlu melakukannya secara rutin terutama setelah mobil dibawa perjalanan jauh agar tak ada noda yang menempel. Apabila jok mobil sudah terlanjur rusak dan sulit dibersihkan, tak ada salahnya mempertimbangkan menggantinya dengan pelapis jok baru.