Cara Ampuh Mengatasi Serangan Rayap

Diposting pada

Rayap adalah salah satu hama yang menjadi musuh utama dalam merawat rumah dan perabotan di dalamnya. Walaupun sudah menggunakan berbagai macam jenis pestisida atau anti rayap, tetap saja tidak bisa memberikan hasil maksimal. Hal tersebut bisa dikarenakan pemasangan atau cara penggunaan anti rayap yang tidak maksimal.  Salah satu cara alternatif dalm membasmi rayap adalah dengan menggunakan anti rayap di dalam tanah. Cara ini bisa dilakukan sebelum atau sesudah rumah dibangun. Bahkan ada juga yang dilakukan setelah terlihat tanda-tanda munculnya rayap. Berikut ini terdapat 4 cara mengatasi serangan rayap yang wajib anda ketahui:

  1. Melakukan Fumigasi
    Cara ini dilakukan dengan melakukan fumigasi atau fogging pada obyek yang terkena serangan rayap. Bahkan sistem ini tidak hanya dilakukan untuk menghilangkan rayap, tetapi juga dilakukan untuk menghilangkan berbagai jenis virus seperti flu burung dan membasmi jentik nyamuk. Saat melakukan fumigasi sebaiknya menggunakan masker agar pernafasan anda terlindungi dari pestisida yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui pernafasan.

 

  1. Melakukan Injeksi atau Pengeboran
    Cara kerja sistem ini yaitu membuat lubang pada lantai bangunan hingga menyentuh tanah sekitar 15-20cm dan melakukan penyuntikan pestisida per titik lubang. Kemudian menututup kembali lubang tersebut sehingga rayap tidak akan datang di daerah tersebut. Pastikan pengeboran ini dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak instalasi bawah tanah lainnya.

 

  1. Melakukan Penyemprotan atau Spray pada Kusen
    Caranya dengan melakukan penyemprotan pestisida pada kayu atau bagian kayu yang terindikasi serangan rayap. Bahkan bisa juga disemprotkan langsung pada tanah yang ada dibawahnya. Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan koloni rayap yang mengganggu dan merusak bagian kayu.

 

  1. Melakukan Pemasangan Umpan
    Pemasangan umpan rayap dilakukan sepanjang titik tanah yang ada disekeliling rumah dengan jarak 2 atau 3 meter per umpan. Cara ini akan memancing rayap untuk datang dan memakan umpan yang telah diberi obat anti rayap. Sehingga ketika rayap memakan umpan tersebut maka rayap akan mat.

 

Demikianlah berbagai cara ampuh untuk mengatasi serangan rayap dari dalam tanah yang dirangkum dari beberapa sumber Pest Control Indonesia. Jangan sampai rayap menggerogoti rumah dan perabotan anda. Sebelum ada indikasi serangan rayap, sebaiknya kita melakukan berbagai pencegahan terlebih dahulu agar rayap tidak muncul. Diantaranya dengan menjaga kelembaban pada kondisi normal dan menjaga sirkulasi udara yang masuk ke dalam rumah dengan baik.