Bisnis Online untuk Mahasiswa Paling Recomended

Diposting pada

Biasanya bisnis yang paling populer dikalangan mahasiswa adalah bisnis online. Keuntungan bisnis online untuk mahasiswa diantaranya menambah uang saku, meningkatkan produktivitas diri, dan mendapat pengalaman baru.

Dengan memulai bisnis, mahasiswa juga dapat belajar mengelola keuangan dan memahami dunia kerja. Beberapa bisnis online yang cocok untuk mahasiswa adalah sebagai berikut.

1. Jasa Pembuatan Desain Grafis

Bisnis ini bisa dilakukan apabila memiliki skill desain grafis. Cukup banyak mahasiswa yang menggunakan corel draw, photoshop dan tools desain lainnya. Sayang sekali jika kemampuan desain yang dimiliki tidak tersalurkan dengan baik.

Saat ini, sudah banyak sekali situs freelance yang membutuhkan desain seperti logo, brosur, interior dan lainnya. Selain bergabung dengan situs-situs freelance, pilihan lain adalah membuka jasa desain grafis sendiri. Membuka jasa pembuatan desain tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan saja. Lebih dari itu, bisnis ini juga dapat mengasah skill yang dimiliki.

2. Blogger dan Youtube

Kedua nama ini pasti sudah tidak asing lagi. Namun, masih banyak yang belum tahu kalau blogger dan youtube bisa dijadikan bisnis yang sangat menguntungkan. Penghasilan yang didapat sama-sama berasal dari iklan seperti google adsense. Perbedaannya, blogger itu berisi tulisan-tulisan sedangkan youtube berisi video-video.

Meskipun hanya tulisan dan video, terjun di dunia blogger dan youtube tidak bisa anggap sepele. Butuh kreatifitas, konsisten, dan kesabaran dalam menjalankannya. Dari kedua platform tersebut, youtube memang lebih menjamur di masyarakat. Meskipun begitu, keberadaan blogger juga masih sangat diperlukan sebagai bahan untuk keperluan referensi maupun literasi.

3. Jasa Penulis Lepas

Berbeda dengan jasa desain grafis, bisnis yang satu ini membutuhkan kemampuan menulis yang baik. Berbagai situs freelance juga banyak yang membuhkan penulis lepas untuk keperluan perusahaan maupun blog atau website. Saat ini, jasa penulis artikel untuk bahasa indonesia maupun bahasa inggris juga banyak dicari.

Meskipun belum bisa menulis dengan baik dan benar, asalkan memiliki ketertarikan dan mau belajar juga bisa menjadi penulis lepas kok. Biasanya, para mahasiswa juga tidak asing dengan dunia tulis-menulis. Jadi, bisnis ini dapat menjadi kesempatan bagi para mahasiswa dalam memulai bisnisnya.

Dari ketiga bisnis online untuk mahasiswa diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi bisnis yang bisa dicoba seperti reseller, dropshipper, tutor online, dan sebagainya. Selama bisnis itu tidak mengganggu kegiatan perkuliahan, feedback yang akan didapatkan mahasiswa dari bisnis online akan semakin banyak.