Berapa Ukuran Dari Sebuah Kontainer?

Diposting pada

Maddogmultimedia.com – Kontainer atau peti kemas bagi orang orang yang hidup di sekitaran pelabuhan bukanlah hal asing , karena saban hari menjadi santapan mata mereka . Berbeda dengan orang yang tinggal di daerah pegunungan dan perkampungan yang letak nya jauh dari pelabuhan , kontainer adalah hal asing bagi mereka .

 

Nah sobat, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengupas seluk beluk dari kontainer, mulai dari apa itu kontainer, berapa ukuran nya dan buat apa saja fungsi nya .

Secara umum , fungsi kontainer adalah sebuah mini gudang  yang berjalan untuk mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain harus bersama-sama alat pengangkutnya yakni, kapal truk atau kereta api sampai ke tempat yang dituju, biasanya ke gudang pemilik barang (exporter dan importer). Penggerakan container dari satu tempat lain tanpa adanya pembatasan territorial / wilayah pembawa muatan di dalamnya (cargo) secara aman, efisien serta dapat dipindah-pindahkan dari jenis angkutan yang satu ke jenis angkutan yang lain, tidak diperlukan membongkar lagi isi muatannya.

 

Apa fungsi kontainer ?

Pada dasar nya sebuah kontainer berfungsi sebagai alat untuk mempermudah packing barang saat hendak dikirim ke tempat lain . Dengan adanya kontainer ini selama proses pengiriman paket tidak perlu dilakukan lagi pemindahan dari sat tempat ke tempat lain, sehingga keamanan serta resiko paket rusak menjadi kecil .

 

Berapa ukuran kontainer ?
Dilansir dari web master-container.com Menimbang betapa penting nya fungsi dari sebuah kontainer , maka badan resmi CPL Cargo ligistis ISO ( Standard organization ) menetap kan ukuran nya kedalam beberapa ukuran sebagai berikut :

 

  • Kontainer dengan ukuran 20 feet : UKURAN LUARNYA : 20 ‘ (P) X 8 ‘ (L) X 8’6 “ (T) ATAU 6.058 X 2.438 X 2.591 M , UKURAN DALAMNYA : 5.919 X 2.340 X 2.380 M .
    kapasitas angkut kurang lebih 33 CBM dan 20 ton
  • Kontainer dengan ukuran 40 feet : UKURAN LUARNYA : 40 ‘ (P) X 8 ‘ (L) X 8’6 “ (T) ATAU 12.192 X 2.438 X 2.591 M . UKURAN DALAMNYA : 12.045 X 2.309 X 2.379 M . kapasitas angkut kurang lebih 60 CBM dan 27 ton
  • Kontainer dengan ukuran 45 feet : UKURAN LUARNYA : 40 ‘ (P) X 8 ‘ (L) X 9’ 6 “ (T) . ATAU 12.192 X 2.438 X 2.926 M . UKURAN DALAMNYA : 12.056 X 2.347 X 2.684 M . kapasitas angkut kurang lebih 86 CBM dan 30 ton

 

Jenis dari kontainer

Secara fungsi, kontainer memiliki 6 jenis pokok, yaitu :

  • Dry Bulk Container, kontainer jenis ini merupakan general purpose container yang dipergunakan khusus untuk mengangkut muatan curah (bulk cargo), tetapi untuk memuat atau membongkar muatan tidak melalui pintu depan seperti pada umumnya melainkan melalui pintu (lubang) di bagian atas kontainer, sedangkan untuk mengeluarkan muatan melalui pintu (lubang) di bagian bawah. Lubang di bagian atas tersebut bisa juga digunakan untuk mengeluarkan muatan dengan cara dihisap (pressure discharge).Platform Container,
  • merupakan kontainer yang hanya terdiri dari lantai dasar dan atau ditambah tiang / dinding penyangga saja. Kontainer jenis ini biasanya untuk barang-barang yang over dimension seperti mesin, trafo, dll.
  • Special Container, yaitu kontainer yang khusus dibuat untuk muatan tertentu, misal muatan ternak hidup, mobil, dll.
  • Thermal Container, yaitu kontainer yang dilengkapi dengan pengatur suhu untuk tujuan tertentu. Yang termasuk kontainer jenis ini adalah : Insulated Container, Reefer Container, Heated Container.
  • Tank Container, adalah kontainer berbentuk tangki yang ditempatkan di dalam kerangka peti kemas. Kontainer jenis ini biasanya untuk muatan cair (bulk liquid) dan gas (bulk gas).
  • General Container, yaitu KONTAINER yang digunakan untuk mengangkut barang-barang umum (general cargo), meliputi : General Purpose Container, Open Side Container, Open-Top Container, Ventilated Container.

 

Demikian lah artikel kami kali ini tentang pengertian ,fungsi,jenis dan ukuran kontainer , semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat reader yang sedang mencari informasi mengenai kontainer .