Beberapa Tips Yang Tepat Dalam membuat Desain Infografis

Diposting pada

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa website merupakan sumber yang kaya akan informasi. Tak hanya dari segi kuantitas saja, jenis konten yang tersedia sangat beranekaragam. Biasanya, kebanyakan masyarakat kita lebih menyukai website-website yang memiliki desain infografis yang menarik. Itu sebabnya, mengapa jasa desain infografis saat ini menjadi sebuah bisnis yang sangat menjanjikan. Nah, bagi kalian yang hendak membuat infografis dengan tangan sendiri, berikut di bawah ini ada beberapa tipsnya :

  1. Tentukan Dulu Audience

Pada dasarnya, sebuah infografis tidak dapat merangkap semua jenis audience yang ada. Maka dari itu, sangat disarankan bagi anda untuk menentukan terlebih dulu siapakah audience yang menjadi targetnya. Ada beragam pendekatan yang bisa anda coba. Misalkan saja untuk tujuan bisnis, maka target audience akan ditentukan sesuai target pasar yang hendak anda bidik. Siapakah target pasar dari produk yang akan ditawarkan nanti, hal itulah yang merupakan target audience dari infografis yang anda buat. Tak hanya itu, anda juga harus memahami audience-nya. Contohnya, untuk informasi seperti apa yang mereka sukai dan yang dibutuhkan, berapa rentang usia, kebisaan dan karakternya. Dari situlah anda bisa mengetahui desain infografis seperti apakah yang paling ideal.

  1. Buatlah Headline Yang Menarik

Magnet yang cukup kuat dari infografis itu memang tidak lepas dari desain grafisnya. Kendati demikian, anda juga tidak boleh meremehkan keberadaan headline dalam membuat infografis. Pasalnya, headline inilah yang dapat memberikan informasi awal kepada para pengunjung tentang semua isi dari infografis tersebut. Jika tidak ada headline, maka audience tidak akan mempunyai petunjuk atau alas an yang cukup untuk melihat infografis lebih jauh lagi. Disamping itu, pastikan bahwa headline haris relevan dengan isi konten. Dengan kata lain, headline yang menarik itu adalah yang singkat dan jelas.

  1. Buatlah Se-Simple Mungkin

Keiinginkan para audience ini adalah sesuatu yang sederhana dan mudah dicermati. Maka dari itu, anda harus membuat desain infografisnya sesimple mungkin. Infografis tidak sama dengan desain grafis maupun sesuatu karya seni, sehingga anda tidak perlu membuat warna dan desain yang rumit. Bahkan, anda sama sekali tidak membutuhkan banyak dekorasi untuk mempermanis infografis yang dibuat. Warna itu sendiri sbenarnya berfungsi untuk mempertegas pesan yang ingin disampaikan, sehingga semakin sedikit warnanya, maka akan semakin baik. Tak hanya itu saja, desain infografis yang simple juga dapat memberikan kesan userfriendly bagi para pengunjungnya.

  1. Prioritaskan Pada Pesan Yang Ingin Disampaikan

Pada dasarnya, infografis sangat mirip dengan sebuah artikel. Namun, konten infografis turut mengusung unsure desain grafis untuk membuatnya terlihat lebih menarik dan mudah dipahami. Fokus utama desain infografis tetap tersorot pada data-data dan fakta yang ada didalamnya. Maka dari itu, anda harus tetap memprioritaskan pada hal tersebut. Dengan demikian, pesan yang disampaikannya lebih focus pada satu topic tertentu. Selain itu, anda harus memainkan tipgrafi untuk member perhatian yang lebih pada data-data atau faktanya. Tak hanya itu saja, permainan warna pun harus dilakukan, sebab tujuannya untuk membantu audience lebih focus pada fakta yang anda sajikan.

Itulah beberapa tips yang benar dalam membuat desain infografis. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, tentunya infografis yang anda buat akan sesuai dengan harapan. Nah, bagi anda yang sedang mencari jasa desain infografis yang harganya bersahabat, silahkan cek di fastwork.id.