manajemen-informatika

Apakah Kamu Cocok Masuk Jurusan Manajemen Informatika

Diposting pada

Akhirnya teknologi informasi benar-benar menjadi sebuah solusi. Tidak hanya menghilangkan jarak, teknologi juga semakin menunjukkan betapa pentingnya di dalam dunia bisnis. Sekarang, teknologi siap membuat apapun yang awalnya manual menjadi sesuatu yang menjadi otomatis. Dari hal kecil menjadi lebih efisien. Menyimpan data jauh lebih aman dan mudah untuk ditemukan kembali. Bila sebelumnya kita perlu menyimpan dokumen penting di dalam sebuah lemari besar. Namun sekarang, dengan adanya satu folder yang terpassword saja sudah cukup. Rasanya tidak berlebihan bila kita berterima kasih kepada para ahli management information system.

Management information systems atau di Indonesia biasa disebut dengan manajemen informatika merupakan jurusan yang bertanggung jawab para praktisi teknologi tersebut. Jurusan ini akan mengajarkan mahasiswanya untuk mampu dalam menggunakan teknologi untuk bisa mempermudah kegiatan bisnis. Setiap mahasiswa akan diajari bagaimana menganalisa, merancang, mengembangkan dan mengatur teknologi informasi.

Apakah Jurusan manajemen informatika cocok untuk Kamu?

Manajemen informatika identik dengan pemecah jalan buntu. Kamu juga biasa disebut pencari jalan pintas., karena tugas utama Kamu adalah menjadi seorang problem solver.  Layaknya problem solver, kamu dituntut untuk selalu kreatif. Selain itu, ada beberapa hal lain yang mampu menjadi ukuran apakah kamu cocok untuk jurusan Manajemen Informatika. Diantaranya yaitu:

  1. Menyukai komputer dan elektronika.
  2. Mampu bekerja dengan tim.
  3. Memiliki verball skill.
  4. Memperhatikan detail.
  5. Kritis.

Bila kamu ingin mengambil jurusan manajemen informatika di luar negeri, sebaiknya kamu mempersiapkan nilai 4 Bahasa Inggris, 3 untuk Science, 3 untuk social science. Jika kamu memiliki pengetahuan dasar beberapa materi pendukung seperti kalkulus, business dan komputer, maka kamu akan memiliki nilai lebih.

Sekilas mengenai jurusan management informatika

Sebagai seorang mahasiswa manajemen informatika, kamu diharapkan lebih familiar dengan komputer, software dan peralatan komunikasi lainnya seperti wifi dan modem. Kamu juga akan dilatih untuk menjadi seseorang yang memiliki problem solver dengan inovasi dan inisiatif yang tak pernah padam. Sehingga, ketika kamu telah bekerja nantinya, kamu bisa dengan cepat mengobservasi kebutuhan perusahaan dalam bidang IT. Karena kamu akan bekerja di lingkungan bisnis, maka kamu juga akan diperkenalkan dengan bidang lain seperti marketing. Tujuanya adalah, supaya kamu mengerti bagaimana divisi lain beroperasi dan sanggup menganalisa kebutuhan yang mungkin bisa kamu persiapkan.