Alasan Butuh Jasa Konsultan ISO dan Manfaat untuk Perusahaan

Diposting pada

Untuk memastikan kualitas layanan sebuah jasa, ditetapkanlah sebuah standar yang menjadi acuan secara global. Standarisasi tersebut diputuskan oleh organisasi internasional yang kesatu kali didirikan di Swiss, International Organization for Standardization (ISO).

Untuk dapat menjangkau kualitas standarisasi itu bukanlah urusan yang mudah. Maka sering perusahaan memakai jasa konsultan ISO.

ISO sendiri adalah badan penetap standar internasional yang dijadikan acuan internasional. Organisasi ini didirikan pada 23 Februari tahun 1947 dengan tujuan memutuskan standar yang berlaku di dunia industri dan komersial.

Di dalam memutuskan suatu standar, ISO seringkali akan mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk duduk bareng dalam Komite Teknis (Technical Committee), Sub Komite (Sub Committee) dan Kelompok Kerja (Work Group). Peserta ISO terdiri atas suatu badan standar nasional dari masing-masing negara dan perusahaan-perusahaan besar.

Saat ini standar yang sudah diputuskan di antaranya adalah standar untuk ukuran kartu telepon, kartu ATM, ukuran dan ketebalan kertas, dan lain sebagainya.

Apa Itu Konsultan ISO?

Untuk mendapatkan pernyataan kualitas sesuai standarisasi tersebut, perusahaan harus memenuhi sejumlah persyaratan. Pada etape inilah, Jasa Konsultan ISO sering dibutuhkan oleh perusahaan.

Konsultan ISO  adalah seorang yang memiliki kemahiran dalam menyerahkan petunjuk atau nasihat dalam rangka penerapan sistem manajemen di sebuah perusahaan atau organisasi. Konsultan ISO mestilah orang yang mempunyai rekam jejak  panjang dalam menangani sekian banyak  macam perusahaan dari sekian banyak  bidang, bukan dalam sebuah bidang saja.

Seseorang yang mempunyai pengalaman yang panjang menjadi perwakilan manajemen (management representative) di perusahaan dengan satu bidang tertentu saja belum pasti dapat menjadi seorang konsultan ISO.

Sistem manajemen bobot ISO mempunyai klausul-klausul yang mempunyai sifat global sehingga dibutuhkan kejelian dan pemahaman mendalam untuk mengartikan klausul tersebut, apakah cocok dengan bidang kegiatan tertentu yang bakal menerapkannya.

 

Apa Tanggung Jawab Seorang Konsultan ISO?

Pada dasarnya, tugas seorang konsultan ISO ialah membantu perusahaan supaya lebih cepat menemukan sertifikat ISO dari badan sertifikasi ISO. Namun tidak melulu di situ saja, masih tidak sedikit tugasnya, antara lain:

  1. Membantu penerapan sistem manajemen ISO

Konsultan ISO mesti dapat memberikan informasi mengenai pemahaman serta pengetahuan dan teknik menerapkan poin-poin di dalam sistem manajemen ISO. Ini diperlukan supaya dapat menjangkau lingkungan perusahaan dan organisasi cocok dengan standar internasional.

  1. Membantu menambah konsistensi kualitas

Penerapan ISO menuntut adanya kualitas yang konsisten. Hal tersebut juga akan dominan pada loyalitas pelanggan. Nah, teknik ampuh guna memperoleh keyakinan konsumen ialah dengan menyerahkan kualitas produk ataupun jasa yang konsisten dan mempunyai standar tinggi. Ini yang mesti diupayakan oleh konsultan ISO dengan menolong perusahaan mendesain sistem manajemen bobot (QMS).

  1. Memediasi perbedaan

Konsultan ISO juga akan menolong memediasi perbedaan yang terjadi antar departemen atau unsur di perusahaan bilamana terjadi perselisihan. Dengan meminimalkan bentrokan tersebut, penerapan sistem manajemen ISO bisa berlangsung dengan baik.

  1. Sosialisasi

Walaupun telah mendapatkan sertifikat ISO dari Badan Sertifikasi ISO, tetapi masih ada sejumlah perusahaan dan organisasi yang belum sukses di dalam merealisasikan sistem manajemen ISO. Hal itu diakibatkan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman berhubungan ISO dari karyawan di perusahaan di dalam menjalankan sistem ataupun tidak adanya komitmen dari top manajemen.

Maka konsultan ISO harus dapat memberikan sosialisasi, training, serta pelatihan mengenai penerapan sistem manajemen ISO untuk seluruh karyawan supaya dapat mengerti dan mengetahui tujuan dari penerapan sistem manajemen ISO.

Apa Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan ISO?

Dengan memakai jasa konsultan ISO, perusahaan tidak perlu mengurus rinci persyaratan yang sering kali rumit dan perlu waktu lama untuk memahaminya. Sehingga pihak manajemen dapat lebih konsentrasi untuk mengembangkan bisnis, sementara hal teknis dapat dikerjakan oleh konsultan ISO. Di samping itu, ada sejumlah manfaat beda yang dapat kita dapatkan, yaitu:

  • Bisnis menjadi kompetitif dan punya kemampuan berlomba yang tinggi.
  • Perusahaan mempunyai standar yang konsisten dalam bekerja sampai-sampai produktivitas karyawan juga meningkat.
  • Sistem manajemen bobot yang terintegrasi di masing-masing bagian perusahaan.
  • Perusahaan dapat menghasilkan produk atau jasa dengan teknik yang lebih efektif dan tepat guna karena mempunyai acuan yang terstruktur.
  • Menjadi perusahaan yang tepercaya sebab dapat menyerahkan hasil di atas ekspektasi.
  • Meningkatkan kepuasan konsumen yang pada kesudahannya dapat menambah profit.

Bagaimana Memilih Konsultan ISO yang Tepat?

Pertimbangkan tiga urusan ini sebelum menyimpulkan untuk memakai jasa konsultan ISO.

  1. Keahlian yang relevan

Mengubah sistem manajemen tidak dapat dilakukan dalam satu hari. Untuk itulah, konsultan ISO perlu memiliki keterampilan dalam memberikankan nasihat, konsultasi, serta mengimplementasikan teori yang dikuasainya. Selalu simaklah apakah orang yang akan kita pakai jasanya memiliki keterampilan yang cocok.

  1. Track record

Konsultan ISO yang kawakan menjadi pertimbangan yang terutama. Konsultan ISO yang profesional umumnya sudah mempunyai track record selama sejumlah tahun serta mempunyai prestasi dalam membawa perusahaan menemukan sertifikasi ISO.

  1. Harga dan jangka waktu

Lama tidaknya seorang konsultan ISO bekerja di perusahaan seringkali tergantung dari skala perusahaan tersebut. Semakin besar dan kompleks suatu perusahaan, diperlukan waktu yang lebih lama untuk mengimplementasikan ISO, training karyawan dari nol, sampai menyelesaikan semua prosesnya dengan baik.

Maka dari itu, simaklah harga yang ditawarkan dan jangka waktu yang di butuhkan untuk mengimplementasikan ISO.Ingat, perlu atau tidaknya memakai jasa konsultan ISO haruslah disesuaikan dengan keperluan manajemen dan kemampuan keuangan perusahaan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber : https://jengsusan.com/sertifikat-iso/