5 Olahan Susu Khas Indonesia

Diposting pada

Kuliner tradisional yang ada di Indonesia memiliki berbagai ragam jenis. Mulai dari makanan hingga minuman semua ada dan memiliki banyak ragam di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai kuliner tradisional yang unik dan berbeda dari satu daerah ke daerah yang lainnya.

Diantara ragam kuliner di Indonesia, salah satu jenis kuliner yang cukup digemari adalah susu. Susu merupakan produk makanan yang dihasilkan oleh mamalia. Susu berbentuk cair dan memiliki warna putih serta mengandung berbagai macam gizi yang diperlukan oleh manusia termasuk diantaranya lemak dan kalsium.

Secara umum, susu dihasilkan oleh mamalia seperti sapi, kambing, domba, unta, maupun llama. Susu dari hasil pertanian ini biasanya diperah oleh para peternak kemudian dijual ke berbagai tempat sebagai bahan makanan. Diperkirakan manusia telah mengkonsumsi susu dari sapi dan hewan ternak lainnya setidaknya sejak 10.000 tahun yang lalu.

Di Indonesia sendiri, susu bukan merupakan bahan makanan yang dikonsumsi secara luas. Susu sendiri mulai diperkenalkan secara luas pada masa pemerintah kolonial Belanda. Ketika itu, susu merupakan makanan yang identik dengan orang-orang Belanda serta orang-orang Indonesia yang mempunyai kedudukan tinggi.

Seiring perkembangan zaman, masyarakat mulai mengkonsumsi susu dengan berbagai macam olahannya. Berikut adalah beberapa jenis olahan susu tradisional yang ada di Indonesia:

 

Kerupuk Susu

 

Kerupuk susu merupakan salah satu produk olahan susu yang berasal dari beberapa daerah penghasil susu di Indonesia seperti Boyolali, Bandung, dan Malang. Dalam pembuatan kerupuk susu, bahan yang digunakan adalah susu itu sendiri yang dicampur dengan tepung terigu, kuning telur, rempah-rempah, dan penyedap rasa alami. Makanan ini memiliki satu kelebihan yaitu mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama tanpa menggunakan pengawet buatan.

 

Dadiah

 

Salah satu jenis olahan susu yang berasal dari wilayah Sumatera Barat adalah dadih atau dadiah. Dadiah merupakan olahan susu yang difermentasi dengan menggunakan wadah bambu yang ditutup dengan daun pisang selama dua sampai tiga hari. Jenis susu yang digunakan untuk pembuatan dadiah adalah susu kerbau yang belum diolah dan masih fresh. Dadiah biasanya disantap oleh masyarakat Minang sebagai menu sarapan bersama amplang dan gula merah. Sementara sebagian lainnya menyantapnya bersama nasi panas dan sambal.

 

Dangke

 

Dangke merupakan kuliner tradisional yang berasal dari Enrekang, Sulawesi Selatan. Produk olahan susu ini memiliki bentuk dan tekstur seperti tahu dan memiliki cita rasa yang mirip dengan keju. Dangke biasanya dibuat dari susu kerbau maupun susu sapi yang direbus hingga mendidih kemudian diambil serat susunya dan dicampur dengan getah pepaya untuk memisahkan serat dengan airnya. Setelah itu gumpalan serat tersebut ditaruh di wadah untuk didinginkan dan menjadi dangke.

 

Dodol Susu

 

Dodol susu merupakan kuliner yang banyak ditemukan di beberapa daerah penghasil susu di Indonesia. Dodol susu memiliki proses pembuatan yang sama dengan dodol pada umumnya dengan menambahkan bahan susu. Dodol susu yang memiliki tekstur kenyal dan manis tersebut banyak ditemukan di Pangalengan maupun di Boyolali.

 

Tahu Susu

 

Tahu susu merupakan jenis makanan olahan lainnya yang menggunakan susu sebagai bahan dasarnya. Makanan ini dikabarkan berasal dari Kuningan dan beberapa daerah di wilayah Bandung. Tahu susu sendiri merupakan makanan berupa tahu yang diberi isian susu sehingga ketika dimakan, susu yang ada di dalam tahu akan meleleh dan lumer di mulut.

Kuliner olahan susu tradisional Indonesia mempunyai citarasa yang nikmat karena dicampur dengan berbagai macam rempah khas Indonesia. Pengolahan serta proses pembuatan kuliner tradisional tersebut juga sudah mengikuti perkembangan zaman dimana banyak orang yang menggunakan mesin pengolah makanan untuk mengefisienkan pekerjaan. Mesin pengolah makanan pun juga mudah didapatkan di berbagai tempat jual mesin pengolah makanan yang bisa ditemukan di banyak tempat baik online maupun offline sehingga semakin memudahkan penggunanya.