4 Cara Kerja Web Beserta Fungsi dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui
4 Cara Kerja Web Beserta Fungsi dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui

4 Cara Kerja Web Beserta Fungsi dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Diposting pada

Seiring dengan perkembangan zaman, manusia berhasil menemukan berbagai macam teknologi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Telah banyak inovasi teknologi yang kini hadir di tengah masyarakat.

Hadirnya teknologi juga memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari manusia. Hampir bisa dipastikan setiap orang kini juga telah bergantung dengan teknologi. Salah satu perkembangan teknologi yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari ialah internet.

Internet merupakan jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lainnya. Dengan adanya internet, berbagai macam situs atau media sosial dapat diakses dengan mudah, salah satunya Website.

Website atau seringkali disebut web resource, situs, atau situs web merupakan sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang menyajikan informasi. Berbagai macam informasi tersebut diletakkan pada sebuah server atau hosting yang memungkinkan seseorang untuk mengakses melalui halaman depan.

Website merupakan suatu halaman web resource yang saling berhubungan dan berisi kumpulan informasi berupa data teks, gambar, animasi, audio dan video. Secara umum, pengertian web adalah berkas yang ditulis sebagai berkas teks (plain text), yang diatur serta dikombinasikan dengan instruksi berbasis HTML atau XHTML.

Sementara itu, berkas web tersebut nantinya akan diterjemahkan oleh mesin browser dan ditampilkan menjadi sebuah halaman atau situs web. Adapun jenis web setidaknya dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu web yang bersifat statis, interaktif, dan dinamis. Di mana masing-masing sifat tersebut memiliki klasifikasi serta fungsi yang berbeda.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa web setidaknya memiliki tiga jenis, yaitu web statis, dinamis, dan interaktif. Di mana setiap jenis itu memiliki klasifikasi serta fungsinya yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan mengenai beberapa jenis web tersebut.

  1. Web Statis

Web statis merupakan situs yang isinya tetap atau tidak diperbarui secara berkala. Jenis web ini umumnya dimiliki oleh perusahaan yang hanya menggunakan web sebagai media informasi perusahaan. Sehingga jenis web ini bersifat tetap tanpa ada perubahan secara berulang.

  1. Web Dinamis

Web dinamis merupakan jenis web yang isinya selalu berubah-ubah. Sehingga jenis web ini memungkinkan pemiliknya untuk memperbarui isi atau informasi setiap hari. Biasanya jenis web ini digunakan perusahaan atau perorangan yang mengandalkan bisnisnya melalui internet.

  1. Web Interaktif

Web interaktif hampir sama dengan web dinamis, namun web interaktif memungkinkan pengelola atau pengguna situs web dapat memperbarui isi web tersebut. Sehingga jenis web ini dikenal sangat interaktif, karena dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya. Beberapa contoh jenis web ini seperti blog, jejaring media sosial, dan situs lainnya.

Fungsi dan Manfaat Web

Secara umum, web digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi web juga semakin berkembang. Berikut ini beberapa fungsi serta manfaat adanya web.

  1. Web digunakan sebagai media informasi, di mana setiap orang dapat menyampaikan dan menerima informasi. Cukup dengan membuka alamat website, maka seseorang dapat mengetahui berbagai macam informasi yang tersedia di dalam halaman web tersebut.
  2. Web juga berfungsi sebagai media komunikasi yang memudahkan seseorang dalam berkomunikasi melalui chatting, web mail, form contact, dan lain sebagainya.
  3. Seseorang dapat mempromosikan usaha atau bisnisnya melalui web. Tentunya hal ini juga akan memudahkan pelanggan dalam mencari produk yang diinginkan.
  4. Web juga dapat digunakan untuk media transaksi. Di mana akan menghubungkan perusahaan serta konsumen melalui transaksi elektronik atau online.

Web merupakan perangkat lunak yang saat ini banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbagai jenis usaha atau bisnis memanfaatkan situs ini untuk menghasilkan keuntungan.

Secara umum, pengguna akan mengakses suatu website berupa URL melalui Web Browser. Kemudian Web Browser tersebut mengirimkan permintaan HTTP request kepada Web Server melalui TCP/IP, sehingga Web Server akan memberikan Web Files yang diminta.

Di samping itu, Web files yang telah diberikan tersebut tidak langsung ditampilkan, akan tetapi melalui proses pemberian respon kembali kepada Web Browser. Setelah melalui proses tersebut, Web Browser akan mengirimkan tampilan kepada pengguna. Agar lebih sederhana, cara kerja web adalah sebagai berikut:

  1. Web akan menyimpan informasi dalam bentuk dokumen berupa halaman-halaman web atau yang sering disebut sebagai web page.
  2. Kemudian web tersebut disimpan dalam komputer server web.
  3. Sedangkan di pihak pengguna ada komputer yang bertindak sebagai computer client yang berfungsi untuk membaca halaman web yang ada di web browser.
  4. Setelah itu browser membaca halaman web yang ada di server web.