3 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Harus Kamu Datangi

Diposting pada

3 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Harus Kamu Datangi

Jakarta merupakan daerah istimewa yang bangun sendiri sebagai Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) meskipun secara teknis berada di wilayah Jawa Barat. Selain menjadi sebuah wilayah otonomi, Jakarta juga sekaligus menjadi kota metropolitan nomor satu di Indonesia. Pusat pemerintahan, kiblat gaya hidup, sekaligus pionir dari aneka macam macam tempat wisata, terutama yang mempunyai konsep modern. TMII, Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol yaitu sedikit dari destinasi wisata modern yang membuat standar gres bagi areal hiburan di daerah-daerah lain Indonesia.

Destinasi Wisata Edukatif di Jakarta Selatan

Jakarta Selatan mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari hiburan wisata alam hingga taman bermain modern tersedia, sehingga cocok dijadikan pilihan berlibur wisatawan dari aneka macam rentang usia. Memiliki letak di penggalan selatan wilayah DKI Jakarta, mampu dibilang Jakarta Selatan merupakan salah satu jantung pertumbuhan ibukota mengingat selain mempunyai banyak destinasi wisata, di daerah Jakarta Selatan bangun pula stasiun TV nasional dan banyak stasiun TV kabel yang menasbihkannya sebagai kota industri kreatif. Menyinggung soal tempat wisata di Jakarta Selatan yang edukatif baik untuk belum dewasa hingga orang remaja sendiri, Komunitas Salihara dan Wisata Pendidikan Pinisi merupakan dua destinasi yang dihentikan hingga dilewatkan.

Komunitas Salihara

Memiliki sentra kegiatan daerah di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Komunitas Salihara yang sejatinya merupakan salah satu komunitas sastra veteran di wilayah Jakarta dikarenakan telah didirikan semenjak tahun 2008. Para penggiat sastra dari seluruh Jakarta dan juga sesekali menerima kunjungan dari penggagas daerah lain acap kali menggelar pertunjukan, lomba penulisan, hingga diskusi sastra terbuka di daerah ini. Komunitas Salihara mempunyai harapan untuk membuat generasi muda lebih menyukai sastra lokal di mana merupakan identitas bangsa. Awal mula beraktifitas, mereka tidak menerima cukup perhatian, bahkan dari orang-orang yang tengah melintas. Namun seiring berjalannya waktu dan kondisi literasi Indonesia pun kian membaik, daerah berikut kegiatan Komunitas Salihara sekarang telah bertransformasi menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Jakarta edukatif favorit, utamanya bagi penggemar sastra dan literasi.

Wisata Pendidikan Pinisi

Ketika menyebut perihal Pinisi, masyarakat mungkin lebih familier dengan kapal layar orisinil Indonesia yang dominan diproduksi di Kepulauan Sulawesi tersebut. Namun, Wisata Pendidikan Pinisi yang dimaksud bukanlah lokasi pembuatan Kapal Pinisi demikian, melainkan tempat wisata yang memberikan bermacam-macam hiburan edukatif mulai dari budaya, seni, hingga sains. Selain itu, Wisata Pendidikan Pinisi yang mempunyai lokasi sempurna di Gedung Pasaraya Blok M ini juga dilengkapi dengan Kak Seto Center.

Nama tersebut tentu tidak aneh di telinga, terutama belum dewasa dan orang tua. Kak Seto merupakan penggagas pertolongan dan pemerhati anak yang paling populer di Indonesia. Sedangkan pendirian Kak Seto Center merupakan media yang akan menjembatani para orang renta untuk mengenal lebih jauh karakteristik anak di mana mereka mampu melaksanakan konseling dengan para mahir psikologi anak perihal perkembangan atau perubahan sikap sang buah hati.

Tempat Wisata Budaya di Jakarta Timur
Banyak sekali tempat wisata di Jakarta Timur yang mempunyai konsep wisata budaya. Meskipun pada umumnya konsep berbau budaya acap kali membosankan dan tidak menarik untuk dikunjungi, namun berbeda dengan yang dimiliki oleh daerah Jakarta Timur. Tidak hanya mengajarkan perihal budaya, tempat-tempat wisata tersebut juga menyediakan spot-spot foto terbaik untuk lalu dijadikan koleksi langsung atau portofolio, atau sekedar untuk diunggah di akun sosial media yang dimiliki. Selain itu, biasanya tersedia pula wahana hiburan atau masakan yang menggiurkan. Tidak heran kalau wisatawan yang berdatangan ke Jakarta Timur tidak tabah mengunjungi tempat-tempat wisata budaya tersebut. Dua lokasi yang paling ramai dikunjungi terutama pada final pekan dan trend liburan yaitu Kampung Cina Cibubur dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Kampung Cina Cibubur

Etnis Cina atau Tionghoa merupakan salah satu etnis minoritas tetapi mempunyai jumlah cukup besar di Indonesia. Budaya, kuliner, serta bahasa nenek moyang mereka pun bukan merupakan sesuatu yang asing. Di daerah Cibubur, Jakarta Timur, bangun sebuah daerah seluas 8 hektar yang seluruhnya dikelola oleh etnis Tionghoa, alasannya yaitu itulah dijuluki dengan Kampung Cina.

Meski demikian, daerah tempat wisata di Jakarta ini terbuka untuk umum, di mana wisatawan mampu berkunjung untuk menikmati pesona kebudayaan Cina yang unik, mulai dari tradisi, kuliner, hingga ritual. Jika sedang tiba perayaan tertentu pada dogma yang mereka anut, biasanya warga sekitar akan menggelar upacara yang mampu disaksikan oleh para wisatawan cukup dengan syarat menjaga ketenangan. Sedangkan daya tarik lain yang dimiliki yaitu sentra buah tangan berupa pakaian, kuliner ringan, hingga aksesoris yang sepenuhnya bernuansa Tionghoa.