paving block

Rata – Rata Harga Pemasangan Paving Block Per M2

Diposting pada

Apakah anda bosan dengan halaman rumah anda yang terlalu biasa ? Melakukan pemasangan paving di halaman rumah anda dapat menjadi solusi yang tepat. Pemasangan paving menjadi pilihan banyak orang untuk mengubah halaman rumah mereka menjadi lebih menarik dan enak dipandang. Dengan jenis, ukuran, dan warna yang berbeda – beda, halaman rumah anda akan menjadi lebih hidup dan segar. Selain itu, perawatan paving block juga lebih mudah dibandingkan dengan material penutup tanah lainnya. Ketika akan melakukan pemasangan paving block di halaman rumah, harga pemasangan tentunya menjadi hal yang perlu untuk dipertimbangkan. Dengan begitu anda dapat mempersiapkan biaya yang diperlukan dengan baik supaya nantinya tidak kekurangan biaya. Melakukan perhitungan biaya pemasangan paving block merupakan langkah awal anda untuk dapat menciptakan halaman rumah yang menawan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apa itu paving block, kelebihannya, dan rata – rata harga pemasangan paving block per m2. Simaklah penjelasannya berikut ini.

 

Apa Itu Paving Block ?

paving block

Paving Block atau yang biasa juga disebut dengan conblock merupakan salah satu bahan bangunan yang menjadi alternatif untuk menutup permukaan tanah. Paving block terbuat dari campuran semen portland, air, dan agregrat, tanpa mengurangi mutu beton tersebut. Paving block memiliki berbagai macam bentuk pilihan yang memiliki motif tertentu kemudian disusun dengan rapi supaya dapat menutupi seluruh permukaan tanah. Selain memiliki pilihan motif yang beragam, paving block juga terpercaya lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan cor dan aspal.

 

Kelebihan Paving Block

1.Perawatannya Yang Mudah

Dibandingkan dengan material penutup tanah yang lainnya, paving block sangat mudah perawatannya. Saat paving block kotor atau memiliki debu, anda hanya perlu menyikatnya dengan sabun dan air hingga bersih. Namun, apabila paving sudah berlumut, anda hanya bisa membersihkannya dengan menyemprotkan fungisida cair. Atau anda juga dapat membasahinya dengan menggunakan taburan bubuk semen. Apabila anda ingin lebih hemat, anda dapat menggunakan kapur bangunan, lalu mengoleskannya pada paving block yang sudah dibasahi.

 

2.Air Dapat Terserap Dengan Lancar

Meskipun paving block disusun saling mengunci antara paving satu dengan lainnya, namun paving block ini tetap dapat menyerap air dengan sangat baik. Karena daya serapnya yang baik, keseimbangan air tanah pun dapat terjaga sehingga dapat menopang beban diatasnya dengan baik.

 

3.Mudah Diubah

Tidak ada bahan bangunan yang dapat bertahan lebih dari lima tahun, begitu pula dengan paving block. Saat paving block sudah rusak atau cacat parah, maka paving block tersebut perlu untuk segera diganti. Penggantian ini sangat mudah untuk dilakukan, anda hanya perlu mengangkat bagian yang rusak dan menggantinya dengan paving block baru. Oleh karena itu, sebaiknya anda juga memiliki cadangan 2 – 3 paving block saat membeli paving block.

 

Rata – Rata Harga Pemasangan Paving Block Per M2

Terdapat banyak sekali pertimbangan yang akan sangat berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan saat anda melakukan pemasangan paving block. Mulai dari luas halaman, paving yang dipilih, alat yang digunakan, hingga banyaknya pekerja yang menangani. Misalnya saja rumah anda memiliki luas sekitar 30 m2, dengan menggunakan jenis paving per m2 nya Rp 90.000 dan 2 orang pekerja serta penggunaan alat – alat dan bahan – bahan lainnya, maka dapat diperkirakan biaya yang anda keluarkan dapat mencapai Rp 3.500.000 -Rp 4.000.000. Harga tersebut tentunya dapat berubah lagi apabila terdapat penambahan bahan ataupun pekerja yang digunakan. Apabila anda kurang yakin dengan hasil yang anda perhitungkan, anda dapat menghubungi dan menggunakan tukang profesional agar perhitungan biaya dapat dilakukan dengan lebih akurat.