Diposting pada

Siapa yang bilang kalau cara membuat keripik bawang itu tidak mudah? Orang itu perlu diajak praktek, karena nyatanya  cara membuat keripik bawang ini mudah dilakukan.

Keripik bawang saat ini menjadi salah satu camilan yang disukai keluarga. Rasanya yang cenderung gurih dan renyah membuatnya jadi idola keluarga kerika sedang berkumpul bersantai.

Mumpung saat ini kamu dan sekeluarga sedang dirumah aja, kenapa gak coba cara membuat keripik bawang saja. selain kualitasnya lebih sehat karena dibuat sendiri, kamu bisa suka karena telah membuatnya sendiri. kedepannya pun kamu bisa membuat lagi dengan resep yang sudah pernah kamu buat. yuk coba langsung praktek

Bahan:

  • 700 gr tepung terigu
  • 70 gr margarin
  • 6 siung bawang putih yang sudah dikupas, bisa dengan mesin pengupas bawang
  • 2 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • air putih
  • minyak secukupnya

Cara membuat Keripik Bawang:

  1. Campur kaldu bubuk, tepung terigu, merica, garam, dan baking powder. Ayak sampai rata.
  2. Kocok telur sampai merata, lalu masukkan bawang putih yang sudah dikupas dengan alat kupas bawang tadi dan sudah dihaluskan. Tuang adonan tadi ke dalam tepung, setelah itu masukkan margarin dan aduk sampai merata.
  3. Tuang air dikit dikit aja sambil tetap diuleni sehingga adonannya yang tidak jadi lengket di permukaan tangan.
  4. Diamkan adonan kurang lebih 30 menit, jangan lupa ditutupi dengan plastik atau kain. jika sudah, giling secara tipis dan potong sesuai yang kamu inginkan.
  5. Panasi minyak dengan jumlah yang cukup banyak, goreng sampai matang kuning keemasan. Aduk-aduk saat menggoreng agar keripik bisa matang secara merata.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

Sudah ada penelitian yang menyebutkan kalau bawang putih berkhasiat untuk mencegah kadar kolesterol tinggi. penelitian yang dimuat di jurnal postgraduate medicine menyimpulkan makan 10 gram bawang putih yang masih mentah (1 siung besar) setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol jika dilakukan dalam 2 bulan.

2. Mengendalikan tekanan darah

Jika kamu takut terkena hipertensi atau sudah didiagnosa mengidap hipertensi, maka kamu harus menjaga pola makan agar dirimu bisa tetap sehat. Dari banyak jenis makanan yang masuk kedalam kategori sehat, bawang putih mampu menjaga tubuh dari hipertensi yang semakin parah.

Kemampuan bawang putih dalam menurunkan tingkat tekanan darah dan sudah lama dinilai setara dengan obat obatan hipertensi generik. penelitian yang dilakukan oleh pakistan jurnal pharmaceutical Science membuat laporan jika efek penurunan tekanan darah  diastolik dan sistolik setelah memakan bawang putih setara dengan mengonsumsi obat atenodol.

3. Menyehatkan jantung

bawang putih juga memiliki potensi yang baik dalam mencegah jantung terkena penyakit. Bawang putih yang sudah dikenal sebagai obat alternatif alami untuk menurunkan kadar kolestrol serta tekanan darah.

Untuk mendapatkan khasiat bawagn putih yang semakin optimal, kamu bisa mengeringkan bawang putih. beberapa penelitian mengenai aged garlic  bisa mengurangi plak lunak yang penumpuk di pembuluh darah arteri, serta bisa mencegah plak baru menempel.

4. Menurunkan risiko kanker

bawang putih sudah dikenal memiliki banyak khasiat sejak beberapa abad yang lalu. dilansir dari penelitian Nation Center for Biotechnology Information, membuktikan bahwa mengonsumsi bawang putih mampu menurunkan potensi tubuh terkena kanker. misalnya kanker pencernaan, kanker pankreas, kanker kerongkongan, kanker prostat dan masih banyak lagi.

selain 4 pembahasan diatas, masih ada banyak lagi khasiat yang dihasilkan dari bawang putih. Oleh karena itu, jika kamu ingin sehat, perbanyak konsumsi makanan alami seperti bawang putih ini. selamat mencoba.