pengusaha muda

10 Anak Muda Indonesia Ini Sukses Diumur Dibawah 30 Tahun

Diposting pada

Pada tahun 2018 lalu, Forbes sudah merilis daftar terbaru anak anak muda yang masih berusia dibawah 30 tahun dan meraih sukses. Mereka juga berkarya diberbagai bidang seperti di sektor keuangan, teknologi, kesehatan, dan beberapa sektor yang lainnya. Ternyata ada 11 anak muda Indonesia yang berhasil meraih sukses sehingga menjadikan mereka masuk kedalam daftar 30 under 30 Asia. Berikut dibawah ini beberapa diantaranya yaitu :

  1. Rorian Pratyaksa
Rorian pengusaha muda dan sukses
Source: forbes.com

Rorian adalah pendiri PayAccess yang diusianya yang ke 26 tahun mendirikan startup untuk memperluas akses jasa keuangan. PayAccess ini sendiri sebuah startup pembayaran ponsel berlinsensi yang memfasilitasi transaksi melalui smartphone untuk pembayaran online ke offline dan pembayaran digital dalam bentuk aplikasi. Sebelumnya pengusaha Startup yang satu ini seorang analis di PwC, dan sekarang dirinya menjadi Kepala Pengembangan Bisnis di PayAccess.

  1. Brian Imanuel (Rich Brian)

Internet sepertinya sudah berhasil menciptakan banyak selebriti seperti salah satunya Brian Imanuel. Pada tahun 2018 lalu, pria yang berusia 18 tahun itu sangat terkenal dengan nama Rich Brian di Twitter hingga YouTube. Sekarang ini Rich Brian berprofesi sebagai rapper dengan single perdananya “Dat $ Tick” pada bulan Februari 2016.

  1. Marshall Utoyo Dan Krishnan Menon

Pada tahun 2015, dua pria muda ini membuat e-commerce khusus mebel yaitu Fabelio. Mereka berdua melakukan kerjasama dengan 2.000 pengrajin di Indonesia. Mereka juga memproduksi desain furniture dengan harga ekonomis.

  1. Dian Pelangi

Masyarakat mengenal Dian Pelangi sebagai seorang desainer busana muslim. Selain itu juga wanita berusia 27 tahun ini menjadi motor penggerak busana muslim ke dunia fashion. Dian sejak berusia 18 tahun memang sudah memamerkan hasil karyanya di Jakarta Fashion Week lalu mengikuti pameran fashion di beberapa negara di dunia.

  1. Yohanes Sugihtononugroho Dan Muhammad Risyad Ganis

Pada tahun 2016 lalu kedua pria muda ini mendirikan Crowde dengan tujuan untuk menangani masalah masalah yang dihadapi para petani kecil di Indonesia untuk bisa mendapatkan modal. Platform investasi digital yang satu ini memberikan alternatif kepada para petani untuk bisa mendapatkan pinjaman selain kepada Bank dan lintah darat. Investor juga bisa berkontribusi terhadap Crowde dengan cara memberikan modal kepada para petani tersebut yang bisa dipantau secara online. Nantinya setelah panen, para investor tersebut bisa menerima bagian dari keuntungan.

  1. Adrian Dan Eugenie Patricia Agus 

Kakak beradik ini meraih sukses dengan menjual pudding merk Puyo Desserts yang mereka rintis sejak tahun 2013. Banyak orang mengenal makanan yang satu ini dengan teksturnya yang lembut dan beragam rasanya. Puyo sekarang ini memiliki lebih dari 40 outlet yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

  1. Talita Setyadi

Talita Setyadi pada tahun 2013 kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan sekolahnya di Paris. Setelah itu dirinya membuka toko roti pertama yang bernama BEAU. Kue yang cukup difavoritkan di toko tersebut adalah Mousse yang berlapis lapis dengan rasa raspberry, yoghurt, dan pistachio. Wanita muda tersebut sudah memasarkan roti hasil produksinya dilebih 100 outlet. Dirinya juga menjadi juri wanita paling muda dan satu satunya yang berada di World Pastry Cup pada tahun 2017.

Selain itu masih ada banyak anak muda Indonesia lainnya yang berhasil meraih sukses diusianya yang masih dibawah 30 tahun seperti Fransiska Hadiwidjana pendiri dan CEO Prelo.

Jika kalian sebagai anak muda belum sukses seperti anak-anak muda di atas, jangan khawatir, belum terlambat untuk sukses. Anda dapat mendirikan perusahaan atau usaha sendiri merintis dari bawah. Zaman sekarang jika kalian membuka usaha lalu ingin mengembangkan usaha kalian lebih tinggi, minta bantuan investor tidak ada salahnya.

Venture capital atau disingkat VC merupakan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang pendanaan, yang telah berkembang saat ini, sebut saja AlphaJWC yang merupakan Venture Capital Indonesia dan banyak lagi lainnya. Kalian bisa mengajukan bantuan modal usaha dengan beberapa syarat kerjasama yang tentunya saling menguntungkan.