alat kesehatan dan fungsinya

10 Macam Alat Kesehatan Dan Fungsinya

Diposting pada

Alat kesehatan merupakan unsur penting dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan di rumah sakit ataupun klinik. Bahkan kita bisa pastikan, tanpa alat kesehatan rumah sakit dan klinik tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini juga sudah diatur di dalam undang – undang Negara Republik Indonesia.

Seberapa jauh pengetahuan anda tentang alat – alat kesehatan ? Kali ini saya ingin berbagi informasi tentang beberapa jenis dan macam alat – alat kesehatan yang ada di rumah skait. Alat – alat ini merupakan beberapa alat yang umum digunakan dan sangat mudah dikenali.

10 Alat Kesehatan Dan Fungsinya

1# – Infus Set

Jika anda pernah berkunjung ke rumah sakit atau klinik, anda bisa melihat hampir seluruh pasien yang dirawat di rumah sakit dipasang infus. Mengapa ? Infus merupakan salah satu usaha yang diberikan untuk mengatasi kekurangan cairan pada pasien yang sakit. Alat infus atau disebut infus set adalah alat yang digunakan untuk memberikan infus kepada pasien.

2# – Ala Suntik (syringe)

Alat kesehatan lainnya yang juga selalu digunakan di rumah sakit adalah alat suntik atau Syringe. Saya yakin anda tidak akan asing lagi dengan benda ini. Karena selain berfungsi untuk medis, alat ini juga berfungsi untuk hal – hal lainnya seperti untuk mempermudah isi ulang tinta printer.

3# – Stetoskop

Anda pasti mengetahui benda yang selalu dikenakan dokter do lehernya. Ya, itulah stetoskop. Alat ini termasuk alat kesehatan yang sangat sering digunakan, bahkan selalu digunakan oleh dokter untuk memeriksa pasien pada saat pertama kali datang.

4# – Kursi Roda

Benda ini juga tidak akan asing bagi anda. Kursi Roda merupakan alat bantu jalan bagi orang yang membutuhkan. Di rumah sakit, Kursi Roda sering digunakan sebagai alat transportasi untuk memindahkan pasien dari ruang sang satu ke ruang lainnya untuk menjalain pemeriksaan yang berbeda.

5# – Instrument Bedah

Pernahkah anda menjalani operasi bedah ? Nah pasti anda telah melihat banyak sekali peralatan bedah yang digunakan. Contoh instrument bedah yang sring digunakan oleh dokter adalah gunting operasi, pinset anatomis, benang operasi dan alat lainnya yang termasuk instrument bedah.

6# – Urin Analyzer

Pernahkah anda menjalani tes urin di rumah sakit ? Alat yang digunakan untuk menganalisa urin anda disebut dengan urine analyzer. Alat ini dapat mendeteksi zat – zat kimia yang terkandung dalam urin pasien sehingga dari situ dapat diketahui penyait yang diderita oleh pasien.

7# – Chemistry Analyzer

Sedikit berbeda dengan urine analyzer, chemistry analyzer adalah alat yang digunakan untuk menganalisa unsur – unsur kimia yang terkandung di dalam darah pasien seperti kolesterol, gula darah, asam urat dan lain sebagainya.

8# – Tabung Oksigen

Tentu anda pernah melihat sebuah tabung besar yang terdapat di rumah sakit bukan ? Nah itulah tabung oksigen yang digunakan untuk menampung oksigen murni untuk diberikan kepada pasien yang membutuhkan karena kondisi tertentu.

9# – Tandu / Streetcher

Alat kesehatan selanjutnya yaitu tandu. Adalah sebuah alat bantu yang digunakan untuk membawa dan memindahkan pasien dari lokasi insiden ke ambulan, dari ambulan ke ruang rawat IGD atau dari dari sumah sakit yang satu ke rumah sakit lainnya.

10# – Pasien Monitor

Jika anda pernah berada di ruang ICU atau menjenguk seorang pasien yang berada di dalam ruang ICU tentu anda akan melihat sebuah monitor yang berada di samping pasien. Itulah yang disebut Pasien Monitor, alat tersebut berfungsi untuk memantau kondisi kesehatan pasien saat dirawat di dalam ruangan tersebut.

Nah itulah beberapa macam alat kesehatan dan fungsinya yang bisa kami hadikan ke hadapan ruang baca anda. Informasi untuk anda yang kebetulan sedang membutuhkan alat – alat kesehatan, anda bisa kunjungi www.gloryamedica.com satu website / toko dan juga distributor alat kesehatan resmi yang lengkap dengan harga terjangkau. Sekian, semoga bermanfaat !